Senin 12 Jul 2021 14:05 WIB

Vaksinasi Gotong Royong Harus Didukung, Kurangi Beban Negara

Kecepatan pemberian vaksin secara masif akan mengerem laju penularan Covid-19.

Tenaga kesehatan mengisi tabung suntikan dengan cairan vaksin Covid-19, (ilustrasi). Program Vaksinasi Gotorng Royong Individu diharapkan mampu mempercepat herd immunity.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Tenaga kesehatan mengisi tabung suntikan dengan cairan vaksin Covid-19, (ilustrasi). Program Vaksinasi Gotorng Royong Individu diharapkan mampu mempercepat herd immunity.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan PDI Perjuangan memahami dan mendukung kebijakan pemerintah yang memperkenalkan Vaksinasi Gotong Royong yang menjangkau korporasi atau pun warga negara Indonesia yang secara ekonomi mampu. Hal itu, menurut dia, dapat membantu percepatan vaksinasi di Tanah Air.

Pada saat bersamaan PDI Perjuangan meyakini bahwa pemberian vaksin gratis kepada masyarakat secara masif terus diberikan, bahkan vaksin gratis langsung dipantau oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Ketika pandemi memuncak kembali akibat virus varian delta, muncullah aspirasi agar sebagai upaya percepatan vaksin, khususnya di kalangan korporasi, swasta, dan individu yang mampu secara ekonomi, dibuka ruang bergotong royong vaksin sendiri, dengan biaya sendiri, sekaligus sebagai bentuk gotong royong guna meringkankan beban pemerintah,” kata Hasto dalam siaran persnya, Senin (12/7).

Dengan diperkenalkan Vaksinasi Gotong Royong, maka diharapkan kecepatan pemberian vaksin bisa dilakukan melalui partisipasi korporasi, swasta dan warga negara yang mampu secara ekonomi. Vaksinasi Gotong Royong merupakan bentuk partisipasi sebagian komponen bangsa yang ingin membantu pemerintah.

"Selain itu, vaksin gratis kan tetap terus diberikan bahkan semakin masif. Bentuk partisipasi tersebut harus diapresiasi. Sebab dalam situasi pandemi, kecepatan pemberian vaksin secara masif akan mengerem laju penularan Covid-19," ujarnya

Dalam situasi yang tidak mudah, dan pemerintah terus membuka ruang komunikasi dan koordinasi, maka semangat gotong royong terus dikedepankan. Menurut Hasto, percepatan vaksinasi adalah salah satu kebijakan, yang menyatu dengan kebijakan lainnya.

PDI Perjuangan juga mengajak seluruh korporasi baik swasta maupun BUMN untuk menggunakan alokasi dana CSR untuk membantu rakyat baik melalui bantuan obat-obatan pencegahan Covid-19, vitamin, maupun bantuan dapur umum. “Seluruh simpatisan, anggota, dan kader Partai wajib bergotong royong, kedepankan tindakan nyata daripada berbicara,” katanya.

Vaksinasi Gotong Royong Individu disambut positif

Senada dengan Hasto, adanya vaksinasi mandiri ini disambut baik politikus Partai NasDem Irma Suryani Chaniago. Irma mengingatkan kepada para pengkritik untuk berhenti membuat gaduh dengan komentar-komentar negatif terhadap program vaksinasi mandiri ini.

“Karena vaksinasi mandiri ini semata-mata untuk mempercepat masyarakat yang ingin divaksin agar kekebalan komunal bisa segera dicapai,” ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement