Senin 12 Jul 2021 13:44 WIB

Mengenal Penebangan Suborbital yang Dilakoni Richard Branson

Richard Branson terbang di atas pesawat ruang angkasa VSS Unity Galactic.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Miliarder Inggris Richard Branson berhasil terbang ke luar angkasa dengan Virgin Galactic.
Foto: new york magazine
Miliarder Inggris Richard Branson berhasil terbang ke luar angkasa dengan Virgin Galactic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerbangan suborbital adalah istilah yang sering terdengar belakangan ini. Istilah ini merujuk saat Sir Richard Branson terbang di atas pesawat ruang angkasa VSS Unity Galactic dan Jeff Bezos terbang di atas kendaraan New Shepard Blue Origin untuk menyentuh batas ruang dan mengalami beberapa menit tanpa bobot.

Dilansir dari Science Alert, Ahad (11/7), secara sederhana suborbital berarti bahwa kendaraan akan melintasi batas ruang yang tidak jelas. Kendaraan tidak akan cukup cepat untuk tetap berada di luar angkasa begitu mereka sampai di sana. Penerbangan suborbital terbang lebih lambat dari penerbangan orbital, mencapai luar angkasa, tetapi tanpa kecepatan untuk memasuki orbit.

Baca Juga

Jika pesawat ruang angkasa mencapai kecepatan 17.500 mph (sekitar 28.000 km/jam)  atau lebih, pesawat tidak kembali ke tanah, namun akan terus jatuh di sekitar Bumi. Jatuh terus-menerus itulah artinya berada di orbit seperti bagaimana satelit dan Bulan tetap berada di atas Bumi.

Apa pun yang diluncurkan ke luar angkasa tetapi tidak memiliki kecepatan horizontal yang cukup untuk tetap berada di luar angkasa (seperti roket-roket ini) akan kembali ke Bumi dan oleh karena itu menerbangkan lintasan suborbital.

Mengapa penerbangan suborbital penting?

Meskipun dua pesawat ruang angkasa yang diluncurkan pada Juli 2021 tidak akan mencapai orbit, prestasi mencapai ruang angkasa dengan pesawat ruang angkasa pribadi merupakan tonggak utama dalam sejarah umat manusia.

Mereka akan mengalami beberapa menit tanpa bobot yang menggembirakan dan benar-benar mendapatkan lencana astronot wings mereka.  Penerbangan suborbital berlangsung selama beberapa menit berada di luar angkasa.

Seperti bola bisbol yang dilempar

Secara konseptual, penerbangan yang akan dilakukan Branson dan Bezos tidak terlalu berbeda dengan bola bisbol yang dilempar ke udara. Semakin cepat Anda bisa melempar bola bisbol ke atas, semakin tinggi ia akan meluncur dan semakin lama ia akan melayang di udara. Jika Anda melempar bola dengan sedikit kecepatan menyamping juga, bola akan bergerak lebih jauh ke bawah.

Bayangkan melempar bola bisbol di lapangan terbuka. Saat bola naik, ia melambat, karena energi kinetik yang melekat pada kecepatannya ditukar dengan energi potensial dalam bentuk peningkatan ketinggian.

Akhirnya, bola akan mencapai ketinggian maksimum dan kemudian jatuh kembali ke tanah.

Sekarang bayangkan Anda dapat melempar bola bisbol dengan cukup cepat untuk mencapai ketinggian mungkin 60 mil (97 km). Bisbol telah mencapai luar angkasa. Tetapi ketika bola mencapai ketinggian maksimumnya, ia akan memiliki kecepatan vertikal nol dan mulai jatuh kembali ke Bumi.

Penerbangan mungkin memakan waktu beberapa menit. Selama sebagian besar waktu itu, bola akan mengalami hampir tanpa bobot seperti halnya para astronot di atas pesawat ruang angkasa ini. Sama seperti bisbol hipotetis, para astronot akan mencapai luar angkasa tetapi tidak akan memasuki orbit, sehingga penerbangan mereka akan menjadi suborbital.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement