Senin 12 Jul 2021 13:26 WIB

Virgin Galactic Tanda Tangani Penerbangan dengan Pena Khusus

Fisher Space Pen membuat pena khusus untuk penerbangan Virgin Galactic.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Dwi Murdaningsih
Fisher Space Pen membuat pena khusus untuk penerbangan Virgin Galactic.
Foto: Fisher Space Pen
Fisher Space Pen membuat pena khusus untuk penerbangan Virgin Galactic.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKART -- Fisher Space Pen ambil bagian di penerbangan luar angkasa komersial Virgin Galactic. Perusahaan itu adalah perusahaan di balik alat tulis bertekanan udara yang digunakan oleh astronot untuk mencatat di Bulan dan memeriksa daftar periksa di orbit.

Fisher, pada 50 tahun lalu mengembangkan katrid tinta yang mampu bekerja tanpa membutuhkan gravitasi. Perusahaan itu telah menandatangani kesepakatan dengan Virgin Galactic pada malam penerbangan pertama pesawat roket SpaceShipTwo dengan awal penuh.

Baca Juga

Richard Branson, miliarder pendiri Virgin Galactic dan lima awak “Unity 22”-nya akan menggunakan pena luar angkasa dari versi Infinium Fisher yang dihias secara khusus untuk menandatangani log penerbangan uji mereka setelah diluncurkan ke tepi luar angkasa pada Ahad (11/7).

“Mereka mencari pena yang sesuai untuk acara khusus ini dan jelas nama kami ‘Space Pen’ sangat cocok,” Joshua Skidmore, direktur penjualan dan pemasaran Fisher Space Pen, mengatakan dalam sebuah wawancara dengan collectSPACE.com, dilansir dari Space, Ahad (11/7).

“Enam pena yang akan mereka miliki untuk digunakan kru mereka akan menjadi pena luar angkasa dengan evolusi logo penerbangan Virgin Galactic,” katanya lagi.

Pena titanium nitrida dan krom hitam akan menjadi model Infinium, yang dirancang untuk menulis tiga kali lebih lama dari pulpen biasa. Faktanya, Fisher menyatakan di situsnya, Infinium Space Pen akan menulis begitu lama sehingga rata-rata pengguna tidak akan kehabisan tinta seumur hidup mereka. Untuk informasi, pena edisi Virgin Galactic tidak untuk dijual.

“DNA Flight” Virgin Galactic, yang juga muncul di bagian atas Unity VSS (Virgin SpaceShip) dan di bagian belakang pakaian penerbangan Under Armour kru, melambangkan perjalanan manusia ke luar angkasa melalui kejadian penting penerbangan. Desainnya menampilkan ikon yang mewakili Icarus (dari mitologi Yunani), Wright Flyer, monoplane “Spirit of St. Louis” Charles Lindbergh, jet supersonik Bell X-1 Chuck Yeager, pesawat Boeing 747, modul bulan Apollo NASA, pemenang hadiah X SpaceShipOne dan SpaceShipTwo.

“Setiap simbol mewakili momen penting dalam perjalanan kolektif untuk menciptakan pesawat ruang angkasa komersial pertama di dunia,” kata Virgin Galactic.

Pena luar angkasa Fisher diadopsi oleh NASA untuk misi bulannya pada 1967 dan oleh program luar angkasa Uni Soviet (kini perusahaan antariksa negara Roscosmos Rusia) untuk penerbangan awal Soyuz dua tahun kemudian.

“Pena kami telah terbang pada setiap misi yang telah diujicobakan oleh astronot atau diterbangkan dengan kru sejak Apollo 7. Kami juga memiliki banyak pilot dengan maskapai komersial yang membawa dan menggunakannya,” ujar Skidmore.

Virgin Galactic adalah perusahaan pertama yang secara terbuka mengakui penggunaan pena luar angkasa Fisher sebagai bagian dari aktivitas penerbangan luar angkasanya.

“Ini adalah penerbangan pertama yang tidak diatur oleh NASA di mana pena luar angkasa akan menjadi bagian acara tersebut,” kata Skidmore.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement