Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Tuesday, 21 Safar 1443 / 28 September 2021

Amir Makkah Serahkan Kiswah pada Penjaga Senior Ka'bah

Senin 12 Jul 2021 07:51 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Amir Makkah Serahkan Kiswah pada Penjaga Senior Ka'bah

Amir Makkah Serahkan Kiswah pada Penjaga Senior Ka'bah

Foto: EPA-EFE/SAUDI MINISTRY OF MEDIA
Kiswah dianggap sebagai salah satu karya seni Islam yang paling indah.

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Atas nama Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman, Emir Makkah Pangeran Khalid Al-Faisal dan penasihat Penjaga Dua Masjid Suci menyerahkan kiswah Ka'bah Suci kepada penjaga senior Ka'bah Saleh Al- Shaibi. Upacara penyerahan kiswah ini diadakan di kantor emiratnya di Jeddah pada Ahad (11/7).

Presiden Kepresidenan Umum Urusan Dua Masjid Suci Syekh Abdulrahman Al-Sudais mengatakan penyerahan kiswah tersebut merupakan representasi dari perhatian dan kepedulian besar pimpinan terhadap Ka'bah. Ini juga mewakili keinginan kepemimpinan untuk memanfaatkan semua kemampuan Kompleks Raja Abdulaziz untuk memproduksi kiswah Ka'bah Suci.

Baca Juga

Kiswah dianggap sebagai salah satu karya seni Islam yang paling indah. Kiswah memiliki tinggi 14 meter, sesuai dengan ketinggian Ka'bah dan lebar 47 meter. Kiswah cukup untuk menutupi empat sisi situs paling suci Islam.

Bagian atasnya dihiasi dengan strip lebar 95 sentimeter yang menampilkan ayat-ayat Alquran. Ayat Alquran disulam dengan benang perak berlapis emas yang beratnya 120 kilogram. Hampir 650 kilogram sutera alam dibutuhkan untuk membuat kiswah ini.

 

https://saudigazette.com.sa/article/608718/SAUDI-ARABIA/Makkah-emir-hands-over-kiswa-to-senior-keeper-of-Kaaba

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA