Gelar Individu Euro 2020, dari Donnarumma Hingga Ronaldo

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto

Pedri dari Spanyol meraih penghargaan pemain muda terbaik Euro 2020.
Pedri dari Spanyol meraih penghargaan pemain muda terbaik Euro 2020. Foto: AP/Frank Augstein
Gelandang Spanyol, Pedri, terpilih sebagai pemain muda terbaik Piala Eropa 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Selesai sudah gelaran Piala Eropa (Euro) 2020. Italia keluar sebagai juara edisi teranyar.

Gli Azzurri menundukkan Inggris pada partai final di Stadion Wembley, London, Senin (12/7) dini hari WIB. Sepanjang 120 menit kedua tim bermain imbang 1-1.

Laga pun berlanjut ke sesi adu penalti. Pada tahapan tersebut, para gladiator Negeri Piza unggul 3-2 atas tuan rumah.

Penghargaan juga diberikan untuk individu, di berbagai kategori. Dikutip dari uefa.com, kiper Italia, Gianluigo Donnarumma, terpilih sebagai pemain terbaik turnamen ini.

Sepanjang Piala Eropa 2020 bergulir, ia tampil selama 719 menit. Ia melebihi penggawa Gli Azzurri lainnya.

Donnarumma membuat gawang Italia tidak kebobolan dalam tiga pertandingan sepanjang babak penyisihan. Ia melakukan sembilan penyelamatan krusial.

Kemudian ia gemilang di sesi adu penalti melawan Inggris dan Spanyol. Pemilihan pemain terbaik, tidak hanya didasarkan pada kelebihan teknis individu.

"Tapi bagaimana dampaknya terhadap penampilan tim, serta bermain dengan sikap positif, dan penuh respek," demikian laporan yang dikutip dari uefa.com.

Berbagai pertimbangan tersebut, membuat Donnarumma di posisi terdepan. Ia menyusul beberapa nama mentereng yang pernah mendapatkan penghargaan serupa.

Ada penyerang Prancis Antoine Griezmann (Euro 2016), Andres Iniesta (Spanyol/Euro 2012). Juga Xavi Hernandez (Spanyol/Euro 2008).

Selanjutnya, gelandang Spanyol, Pedri, terpilih sebagai pemain muda terbaik Piala Eropa 2020. Sepanjang turnamen ini bergulir, jagoan Barcelona itu selalu menjadi pilihan utama pelatih Luis Enrique.

Total Pedri unjuk gigi selama 629 menit. Tim Matador melaju hingga semifinal.

"Apa yang ditunjukkan Pedri di turnamen ini, luar biasa unik. Di usia 18 tahun, belum ada yang melakukan seperti dia. Bahkan Andres Iniesta tidak mampu melakukannya," ujar Enrique memuji wonderkid Spanyol itu.

Berikutnya, Cristiano Ronaldo menjadi pencetak gol terbanyak. Penyerang Portugal itu mengoleksi lima gol pada Piala Eropa 2020.

Sebenarnya jumlah tersebut sama dengan pencapaian striker Republik Ceska, Patrik Schick. Hanya saja, Ronaldo berada di posisi teratas, lantaran turut menyumbang satu assist.

Berdasarkan regulasi di turnamen ini, jika beberapa pemain memiliki jumlah gol sama, maka assist bisa menjadi penentu, siapa yang berhak meraih trofi top skorer. Schick kalah di perhitungan tersebut.

Terkait


Kiper timnas Italia Gianluigi Donnarumma menerima penghargaan Pemain Terbaik Turnamen dari Presiden UEFA Aleksander Ceferin setelah final Euro 2020 antara Italia dan Inggris di London, Inggris, Senin (12/7) dini hari WIB.

Bawa Italia Juara Eropa, Donnarumma: Buffon Tetap Nomor Satu

Para pemain Italia mengangkat trofi juara Euro 2020 di London, Inggris, Senin (12/7) dini hari WIB.

10 Fakta Menarik Setelah Italia Juara Piala Eropa 2020

Reaksi pelatih Inggris Gareth Southgate pada final Euro 2020 antara Italia dan Inggris di London, Inggris, Senin (12/7) dini hari WIB.

Gagal di Final Euro, Southgate: Menyedihkan dan Menyakitkan

Kapten timnas Italia Giorgio Chiellini.

Chiellini: Juara Euro Rasanya Menakjubkan

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini berbalut bendera Italia usai final Euro 2020 antara Italia melawan Inggris di London, Inggris, Senin (12/7) dini hari WIB. Italia memenangkan pertandingan melalui adu penalti 3-2.

Mancini Terharu Bawa Italia Juara Piala Eropa

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image