Senin 12 Jul 2021 04:03 WIB

Harga Cabai dan Bawang di Medan Naik Jelang Idul Adha

Harga cabai naik dari Rp 20 ribi menjadi Rp 30 ribu.

Pekerja menyortir bawang putih. ilustrasi
Foto: ANTARA/ANIS EFIZUDIN
Pekerja menyortir bawang putih. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Harga sejumlah komoditas bumbu dapur di pasar tradisional, seperti cabai merah dan bawang merah terpantau merangkak naik di Kota Medan, Sumatra Utara. Harga naik menjelang Hari Raya Idul Adha 1442 Hijriah.

"Hari ini, cabai harganya Rp 30 ribu per kg (kilogram). Padahal sebelumnya cuma Rp 20 ribu per kg," ujar warga Kelurahan Sei Mati, Medan Labuhan, Siti Kasni Selian (65), di Medan, Ahad (11/7).

Baca Juga

Sedangkan bawang merah, lanjut dia, kini sudah menyentuh harga Rp 32 ribu per kg, dari sebelumnya Rp 20 ribu per kg di Pasar Tradisional Medan Marelan. Rika Inda Sariyanti (35), warga Kelurahan Gedung Johor, Medan Johor, mengatakan, kedua komoditas bumbu dapur ini yang bergejolak di pasar tradisional setempat.

"Kenaikan cabai dan bawang ini, sudah berlangsung sepekan. Kalau yang lain masih stabil, seperti bawang putih Rp 25 ribu per kilogram," terang dia.

 

"Biasalah, kita kan mau Idul Adha. Jadi, pedagang bilang kenaikan ini dipicu faktor stok yang menipis atau cuaca ekstrem, sehingga petani tidak melakukan panen," ujar Rika.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Emilia Lubis, mengakui, bahwa cuma kedua komoditas itu yang mulai bergejolak pada 53 pasar tradisional di Kota Medan. Menurutnya harga naik namun  tidak terlalu signifikan.

"Itu pun, tetap saya pantau. Jika kenaikan di atas 25 persen dari rata-rata, maka kita rapatkan dan kita turun ke pasar," katanya.

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement