Ahad 11 Jul 2021 16:01 WIB

AS Segera Kirim 1 Juta Dosis Vaksin Tambahan untuk Indonesia

AS berkomitmen memberikan empat juta dosis vaksin Moderna untuk Indonesia

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Christiyaningsih
Botol vaksin Moderna yang sudah digunakan untuk disuntikan kepada warga. AS berkomitmen memberikan empat juta dosis vaksin Moderna untuk Indonesia. Ilustrasi.
Foto: AP
Botol vaksin Moderna yang sudah digunakan untuk disuntikan kepada warga. AS berkomitmen memberikan empat juta dosis vaksin Moderna untuk Indonesia. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Duta Besar Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia Sung Y.Kim mengucapkan selamat kepada Indonesia atas kedatangan tiga juta dosis vaksin Covid-19 Moderna dari negaranya. Dia mengatakan AS akan segera mengirim satu juta dosis tambahan.

“Atas nama pemerintah dan rakyat AS, saya dengan senang hati mengucapkan selamat kepada pemerintah serta masyarakat Indonesia atas kedatangan tiga juta dosis vaksin Covid-19 buatan Moderna. Satu juta dosis lainnya akan segera dikirimkan,” kata Sung, Ahad (11/7).

Baca Juga

Dia mengungkapkan pengiriman tersebut merupakan kontribusi AS dan bagian dari Covax Advance Market Commitment, yakni sebuah inisiatif global untuk mendukung akses vaksin Covid-19 yang adil. “Indonesia saat ini telah menerima lebih dari 11,2 juta dosis melalui Covax,” ucap Sung.

Sung mengatakan percepatan vaksinasi kian penting di tengah penyebaran berbagai varian Covid-19. Sebab saat ini vaksinasi adalah cara mencegah penyakit serius, rawat inap, dan kematian.

Menurutnya, laju penyebaran Covid-19 yang begitu cepat telah memperlihatkan tak ada satu pun bangsa di dunia yang dapat melawan pandemi sendirian. “AS berkomitmen melindungi nyawa orang-orang di Indonesia dengan bermitra dengan pemerintah dan masyarakat Indonesia guna meningkatkan upaya vaksinasi,” kata Sung.

Dia mengungkapkan Presiden AS Joe Biden telah mengumumkan rencana mengirimkan 80 juta dosis vaksin Covid-19 yang aman dan efektif ke negara-negara membutuhkan di seluruh dunia. “Indonesia akan menerima bagian dari vaksin tersebut,” ucapnya.

Sung menjelaskan dari 80 juta dosis yang disumbangkan, 23 juta di antara disalurkan ke Asia. “Jadi saya menantikan lebih banyak dosis vaksin yang datang ke Indonesia dalam beberapa bulan ke depan,” ujarnya.

Sebanyak tiga juta dosis vaksin Moderna yang disumbangkan AS tiba di Indonesia pada Ahad. “Alhamdulillah, pada hari ini Indonesia telah menerima 3.000.060 dosis vaksin Moderna, dukungan kerja sama internasional dari Pemerintah AS melalui jalur multilateral Covax Facilities,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi lewat konferensi pers virtual.

 

Retno mengungkapkan vaksin itu merupakan pengiriman tahap pertama. Sebab AS berkomitmen memberikan empat juta dosis vaksin Moderna untuk Indonesia. “Atas nama Pemerintah Indonesia, saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan terhadap Pemerintah AS yang telah berbagi dosis vaksin kepada Indonesia melalui fasilitas Covax ini,” ujar Retno.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement