Ahad 11 Jul 2021 14:44 WIB

Pimpin Pray From Home, Jokowi Doakan Para Korban Covid-19

Presiden Jokowi memimpin Pray From Home untuk mendoakan para korban Covid-19.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo.
Foto: Dokumentasi Sekretariat Negara RI
Presiden Joko Widodo.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin acara 'Pray From Home', Ahad (11/7). Acara yang digagas oleh Kementerian Agama ini digelar untuk mendoakan para korban pandemi Covid-19. 

Dalam sambutannya, Presiden Jokowi menyampaikan duka citanya yang mendalam terhadap seluruh masyarakat Indonesia yang telah wafat akibat terpapar Covid-19.  "Dari rumah masing-masing, mari kita tundukkan kepala mengheningkan cipta, doa dari rumah, kita panjatkan dan berikhtiar agar ujian pandemi ini segera berakhir," kata Jokowi melalui siaran virtual, Ahad (11/7). 

Baca Juga

Jokowi juga mendoakan kesembuhan bagi seluruh masyarakat yang saat ini masih berjuang untuk sembuh dari paparan Covid-19. Ia pun meminta masyarakat untuk meyakinkan orang-orang di sekitarnya agar mau beraktivitas di rumah saja jika memungkinkan. 

"Mengatasi persoalan covid-19 merupakan ijtihad kebangsaan kita hari ini, karena bertujuan menyelamatkan jiwa dan kemaslahatan kita bersama," kata Jokowi. 

Dalam kesempatan yang sama, Presiden juga menyampaikan terima kasihnya kepada seluruh elemen bangsa yang ikut membangun optimisme dalam mengatasi pandemi. Jokowi melihat ada begitu banyak gerakan kerelawanan sosial dan ekonomi yang bermunculan demi meringankan beban masyarakat. 

Jokowi juga bersyukur bahwa seluruh organisasi masyarakat (ormas) keagamaan di Indonesia memiliki pandangan yang sama terkait pelaksanaan protokol kesehatan. Ia berterima kasih karena masyarakat mau menjalankan protokol kesehatan dalam peribadatan di tengah keterbatasan yang ada. 

"Dalam menghadapi situasi sulit ini, selain ikhtiar dengan berbagai usaha lahiriah, kita juga wajib melakukan ikhtiar batiniah. Memanjatkan doa, memohon pertolongan Allah SWT agar beban kita diringankan. Agar rakyat, bangsa, dan negara juga dunia segera terbebas dari pandemi," katanya.

Doa bersama hari ini dibacakan oleh perwakilan dari setiap agama. Agama Islam diwakili oleh Habib Quraish Shihab, agama Kristen diwakili Pendeta Lipius Biniluk, agama Katolik diwakili Kardinal Suharyo, agama Hindu diwakili Kol Inf I Nengah Dana, agama Buddha diwakili Bhante Sri Pannavaro Mahathera, dan agama Konghucu diwakili Xs. Budi Santoso Tanuwibowo. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement