Ahad 11 Jul 2021 13:45 WIB

Bantuan Oksigen dari Singapura Tiba Lagi Pekan Depan

Bantuan Oksigen dari Singapura akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Rabu (14/7)

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Nur Aini
Stok oksigen, ilustrasi
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Stok oksigen, ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bantuan tabung oksigen dan konsentrator oksigen dari Singapura dijadwalkan kembali tiba di Indonesia pekan depan. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menyebutkan, jika sesuai rencana maka bantuan dari negara tetangga itu akan tiba di Pelabuhan Tanjung Priok pada Rabu (14/7). Bantuan oksigen dan peralatan medis gelombang pertama dari Singapura dan Australia sudah tiba lebih dulu pada Jumat (9/7). 

"Apresiasi kami atas dukungan kerja sama yang diberikan oleh Singapura dan Australia. Solidaritas, kolaborasi, dan kerja sama adalah kunci, agar dunia dapat segera lepas dari pandemi ini secara bersama," kata Menlu saat menerima pengiriman dosis vaksin Moderna dan Amerika Serikat, Ahad (11/7). 

Baca Juga

Menlu menegaskan bahwa kesehatan dan keselamatan rakyat menjadi prioritas pemerintah. Indonesia, ujarnya, juga kembali mendapat tawaran dukungan kebutuhan medis seperti ventilator, oksigen, konsentrator, dan obat-obatan. 

"Antara lain Jepang akan mengirimkan tahap kedua vaksin Astrazeneca. Tawaran serupa datang dari Belanda, Inggris, Australia, dan UEA untuk dose sharing yang kedua," kata Retno. 

Pemerintah, kata Retno, akan memastikan ketersediaan dosis vaksin untuk seluruh target sasaran vaksinasi yakni 181,5 juta penduduk Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement