Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Sunday, 19 Safar 1443 / 26 September 2021

Australia akan Tarik Seluruh Pasukannya dari Afghanistan

Ahad 11 Jul 2021 13:38 WIB

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Nur Aini

Pasukan Australia di Afghanistan.

Pasukan Australia di Afghanistan.

Foto: ABC
Australia mengerahkan 39 ribu tentara selama 20 tahun konflik Afghanistan.

REPUBLIKA.CO.ID, CANBERRA – Australia akan menarik seluruh pasukannya dari Afghanistan. Hal itu akan mengakhiri keterlibatan Negeri Kanguru dalam konflik yang telah berlangsung selama 20 tahun di negara tersebut.

Menteri Pertahanan Australia Peter Dutton mengatakan, sebanyak 80 personel militer pendukung asal negaranya telah ditarik dari Afghanistan dalam beberapa pekan terakhir. “Ini tidak berarti kami tidak akan menjadi bagian dari kampanye dengan Amerika Serikat (AS), di mana kami menganggap hal itu sebagai kepentingan nasional kami atau kepentingan sekutu kami. Namun untuk saat ini, kampanye itu telah berakhir,” katanya pada Ahad (11/7).

Baca Juga

Pada April lalu, Australia mengumumkan akan menarik sisa pasukannya di Afghanistan pada September. Hal itu sejalan dengan keputusan AS mengakhiri operasi militernya di negara tersebut.

Australia mengerahkan 39 ribu tentara selama 20 tahun konflik Afghanistan. Mereka menjadi bagian dari operasi yang dipimpin AS dan Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) melawan kelompok Taliban. Misi Australia di Afghanistan menyedot anggaran miliaran dolar dan menyebabkan 41 tentaranya tewas.

 

 

sumber : Reuters
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA