Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Monday, 20 Safar 1443 / 27 September 2021

Membaca Alquran di Pagi Hari Dapat Meningkatkan Fokus

Ahad 11 Jul 2021 09:47 WIB

Rep: Mabruroh/ Red: Ani Nursalikah

Membaca Alquran di Pagi Hari Dapat Meningkatkan Fokus

Membaca Alquran di Pagi Hari Dapat Meningkatkan Fokus

Foto: Prayogi/Republika.
Idealnya membaca dan menghafal Alquran dilakukan usi sholat subuh.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kapan terakhir kali Anda dapat fokus pada suatu hal. Berapa lama kita dapat fokus pada satu hal tanpa terganggu kegiatan yang lain selama 25 menit.

Menurut beberapa penelitian, rata-rata orang dewasa mengecek ponsel sebanyak 150 kali sehari atau sekitar 10 kali per jam. Pantas saja fokus begitu terfragmentasi.

Baca Juga

Mereka yang telah sukses mungkin akan memberitahu kunci sukses adalah kemampuan fokus pada tujuan jangka panjang, tujuan jangka pendek, dan tugas harian penting tanpa terganggu. Fokus tidak hanya mengacu pada pekerjaan saja. Fokus termasuk dalam hubungan kerohanian, kesehatan fisik, bahkan dalam hubungan keluarga dan kelompok.

"Semakin terputus dan terfragmentasi fokus kita, semakin sedikit kita dapat menjalani versi terbaik dari diri kita sendiri di semua peran kita," kata Mohamed Faris dilansir dari About Islam.

Salah satu cara meningkatkan fokus adalah dengan membiasakan diri membaca Alquran di pagi hari selepas sholat subuh. Lamanya waktu membaca atau menghafal Alquran sekitar 30-45 menit.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA