Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Sunday, 12 Safar 1443 / 19 September 2021

Mau Bisnis Sukses? Kenali Marketing Plan dan Cara Membuatnya

Sabtu 17 Jul 2021 05:26 WIB

Rep: cermati.com/ Red: cermati.com

Tips Sukses Bisnis

Tips Sukses Bisnis

Marketing plan merupakan langkah untuk mencapai target penjualan di dalam bisnis

Bidang marketing menjadi salah satu profesi yang memiliki banyak tantangan dan juga selalu mengalami perkembangan yang cukup cepat. Kamu membutuhkan kemampuan beradaptasi dan belajar berbagai hal baru di dalam bidang ini, salah satunya marketing plan.

Berbeda dengan marketing strategi yang lebih menekankan pada target serta tujuan dan nilai bisnis untuk jangka panjang, marketing plan justru terkait dengan cara pelaksanaannya. 

Marketing plan sendiri merupakan langkah ataupun cara yang dilakukan untuk mencapai target penjualan di dalam bisnis itu sendiri. Istilah yang juga sering disebut rencana pemasaran ini adalah berbagai cara yang akan dilakukan dalam mengeksekusi marketing strategi di dalam bisnis. Penerapan marketing plan bertujuan untuk mencapai target penjualan bisnis secara maksimal.  

 

Marketing Plan Dilakukan Tahap Demi Tahap

Pada umumnya, setiap perusahaan akan memiliki cara tersendiri dalam menyusun marketing plan untuk pemasaran bisnis mereka. Hal ini tentu sangat wajar, mengingat setiap produk akan memiliki karakteristik masing-masing.

Penerapan marketing plan yang tepat sejak awal, akan sangat membantu kinerja staf marketing dalam mencapai target dan penjualan maksimal di dalam bisnis. Untuk kesuksesan marketing plan, penting untuk melakukan hal ini dengan konsisten dan dalam tahap yang benar.

Berikut ini adalah beberapa tahap penting yang harus dilakukan dalam marketing plan:

1. Pahami Kondisi dan Tujuan Perusahaan

tujuan
Pahami kondisi dan tujuan perusahaan

Untuk mencapai tujuan pemasaran yang maksimal, kondisi perusahaan tentu harus benar-benar siap sejak awal. Kamu harus melihat dan memahami secara detail profil perusahaan dan kondisi di dalamnya. 

Lihat tujuan yang ingin dicapai perusahaan kedepannya, termasuk faktor-faktor pendukung yang diperlukan untuk mencapai tujuan tersebut. Pemahaman yang baik seperti ini akan memudahkan kamu mengambil berbagai langkah penting berikutnya di dalam penerapan marketing plan perusahaan.

2. Tentukan Standar Serta Target yang Ingin Dicapai

Perusahaan harus memiliki standar pencapaian yang jelas dan masuk akal sejak awal, dan ini akan menjadi tolak ukur aktivitas pemasaran itu sendiri. Tetapkanlah standar yang ingin dicapai perusahaan dengan jelas, agar kelak kamu lebih mudah untuk melakukan pengukuran terhadap kinerja dan pencapaian target secara berkala. 

Selain itu, kamu juga wajib menentukan target yang harus dicapai dalam pemasaran yang kamu lakukan. Target ini haruslah realistis, tidak terlalu mudah untuk diraih, namun juga bukan hal yang mustahil atau terlalu tinggi. 

Baca Juga: Pengertian Viral Marketing dan Strategi Penerapannya dalam Bisnis

3. Tentukan Target Pasar 

Jangan lupa untuk menentukan target pasar yang akan kamu tuju di dalam aktivitas pemasaran tersebut. Lakukan hal ini dengan hati-hati, sebab akan sangat mempengaruhi kesuksesan pemasaran yang kamu lakukan. 

Target pasar yang tepat akan mempermudah kamu memilih dan menyusun rencana promosi, termasuk mencapai target penjualan yang tinggi setiap bulannya. 

4. Tentukan Jenis Konten yang Akan Dipakai

konten
Tentukan jenis konten yang akan dipakai

Kamu bisa menemukan banyak pilihan jenis konten promosi sebagai pertimbangan. Namun hal ini juga harus selalu disesuaikan dengan kebutuhan dan juga target pasar yang kamu sasar dalam kegiatan promosi itu sendiri. 

Pastikan kamu memilih konten promosi yang tepat dan relevan untuk produk serta calon konsumen yang kamu tuju, agar kamu lebih mudah mencapai target yang sudah ditentukan sejak awal.

5. Kenali Kompetitor Bisnis

Persaingan akan selalu menjadi hal yang wajar di dalam dunia bisnis, namun ini tak bisa diabaikan begitu saja. Jika kamu ingin sukses dalam menjalankan bisnis, maka kamu harus dapat memenangkan ketatnya persaingan pasar. 

Lakukan riset dan kenali kompetitor bisnis kamu secara detail, agar kamu bisa melihat apa saja yang perlu dilakukan untuk mengatasinya. Buatlah rencana pemasaran yang jitu dan sekaligus bisa mengalahkan semua kompetitor ini.

Baca Juga: Marketer, Simak Marketing Technology dan Manfaatnya yang Wajib Dikuasai

6. Tentukan Prioritas dan Tetaplah Fokus

Marketing plan sangat mungkin membuat kamu memiliki banyak ide yang luar biasa, namun jangan sampai kamu kebingungan karena ini. Kamu harus menentukan apa saja yang menjadi prioritas di dalam pemasaran yang kamu lakukan, sehingga kamu lebih mudah fokus untuk mencapainya. 

7. Tetapkan Budgetnya

bajet

Rencana pemasaran yang baik haruslah didukung dengan ketersediaan budget dalam jumlah memadai. Pastikan kamu menghitung kebutuhan biaya ini dengan cermat, sehingga kamu bisa mendapatkan jumlah budget yang paling tepat. Hal ini akan mendukung kelancaran aktivitas pemasaran yang kelak kamu lakukan.

Susun dan Terapkan Marketing Plan dengan Sukses

Untuk kamu yang berkutat di dunia marketing, menyusun marketing plan tentu sudah menjadi kebutuhan tersendiri. Marketing plan akan membantumu mencapai target penjualan dengan baik, sehingga keuntungan maksimal dapat dicapai perusahaan. Susun dan terapkan marketing plan dengan cara yang tepat, agar kamu bisa sukses dalam kegiatan pemasaran yang kamu lakukan.

Baca Juga: 7 Strategi Praktis Digital Marketing Bagi Pebisnis Pemula

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Cermati.com. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Cermati.com.
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA