Sabtu 10 Jul 2021 22:51 WIB

Sandi: 3 Kementerian Dorong Program Bangga Buatan Indonesia

Sandi menyebut Hari Belanja Diskon Indonesia masuk program Bangga Buatan Indonesia

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan dirinya bangga bisa memberikan dukungan pada penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO).  Sandiaga berharap bahwa program HBDI ini turut mendukung program-program Pemerintah yang lain seperti Program Bangga Buatan Indonesia (BBI).
Foto: Prayogi/Republika
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan dirinya bangga bisa memberikan dukungan pada penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO). Sandiaga berharap bahwa program HBDI ini turut mendukung program-program Pemerintah yang lain seperti Program Bangga Buatan Indonesia (BBI).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengatakan dirinya bangga bisa memberikan dukungan pada penyelenggaraan Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) yang diselenggarakan oleh Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (HIPPINDO).  Sandiaga berharap bahwa program HBDI ini turut mendukung program-program Pemerintah yang lain seperti Program Bangga Buatan Indonesia (BBI). 

HBDI diluncurkan beberapa hari lalu bersamaan dengan program vaksinasi kepada para difabel yang juga diselenggarakan Hippindo. “Kami bangga mendukung penyelenggaraan HBDI. Saya, Wamendag Jerry Sambuaga dan Menteri UMKM berharap ini bisa menjadi satu kesatuan dengan program lain seperti Bangga Buatan Indonesia (BBI)” kata Sandiaga.

Sandiaga sendiri secara khusus mengapresiasi semangat Wamendag Jerry Sambuaga dalam mendukung perdagangan baik perdagangan luar negeri maupun dalam negeri. Dalam berbagai program menurut Sandiaga, Jerry menunjukkan semangat millennial. 

Wamendag sendiri sangat mengapresiasi program HBDI. Menurutnya ini adalah cara untuk menggairahkan kembali pasar dan upaya membangkitkan kembali ekonomi.“Banyak sektor yang terdampak Covid-19, termasuk kemudian berimbas pada daya beli masyarakat. Ini adalah wujud kontribusi nyata dari para pengusaha dan pelaku sektor ritel untuk membangkitkan ekonomi.” Kata Jerry.

Kementerian Perdagangan menurut Jerry terus memberikan fasilitasi dan dorongan kepada pelaku usaha di semua level agar bukan hanya bertahan tetapi bangkit dan tumbuh.  Performa perdagangan dalam negeri sendiri turut menjadi kekuatan yang membendung dampak covid-19. Selain itu, perdagangan luar negeri Indonesia juga terus mencatat trend surplus sehingga menjadi bagian tak terpisahkan dari upaya mitigasi ekonomi sebagai akibat Covid-19.

Wamendag seperti Menparekraf dan Menkop UMKM akan berupaya menintegrasikan berbagai program yang diusung oleh pelaku usaha dan stake holder lain dengan program-program pemerintah seperti bangga Buatan Indonesia. Menurutnya ini adalah langkah konkret agar pelaku usaha dan produsen Indonesia bisa mengoptimalkan potensi pasar dalam negeri.

“Sebenarnya potensi pasar domestik Indonesia sendiri sangat besar. Kalau kita memakai produk dalam negeri tentu ini akan menjadi kekuatan yang sangat besar dalam menguatkan struktur ekonomi Indonesia. Karena itu, mari kita terus mencintai, membeli dan memakai produk dalam negeri.” Tambah Jerry.

Akses pasar yang dipunyai peritel yang tergabung dalam Hippindo menurut Wamendag akan menjadi kekuatan tersendiri dalam membangkitkan ekonomi Indonesia. Pasalnya mereka yang berhubungan langsung dengan konsumen.

Karena itu, menurut Wamendag, Hippindo adalah pihak yang paling bersentuhan langsung dengan perilaku dan daya beli konsumen yang menjadi indikator mengenai kemampuan dan gaya konsumsi masyarakat. Karena itu, Jerry menegaskan bahwa kontribusi Hippindo harus disinergikan dan diintegrasikan dengan kontribusi stake holder lain sehingga memunculkan kesatuan kekuatan ekonomi nasional yang tangguh.

“Semua bekerja, Pemerintah bekerja, swasta bekerja, elemen masyarakat bekerja. Dan mari perkuat kerja sama agar hasilnya lebih optimal.” Kata Wamendag.

Peluncuran Program Hari Belanja Diskon Indonesia (HBDI) dibarengi dengan program vaksinasi untuk difabel. Vaksinasi kali ini adalah kelanjutan dari program vaksinasi Hippindo yang telah dilakukan beberapa kali. Upaya Hippindo memberikan vaksinasi kepada para difabel dimaksudkan untuk menunjukkan kepedulian para anggota Hippindo kepada mereka yang dianggap punya kemampuan fisik berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement