Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

4 Laga Terakhir Argentina Vs Brasil di Final Turnamen Besar

Sabtu 10 Jul 2021 15:41 WIB

Rep: Rahmat Fajar/ Red: Endro Yuwanto

Timnas Brasil vs Argentina.

Timnas Brasil vs Argentina.

Foto: Youtube
Dari empat pertemuan sebelumnya, Brasil masih memimpin 3-1.

REPUBLIKA.CO.ID, RIO DE JANEIRO -- Argentina dan Brasil akan berhadapan untuk kelima kalinya di final turnamen besar di Stadion Maracana, Rio De Janeiro, Brasil, Ahad (11/7). Dari empat pertemuan sebelumnya, Selecao masih memimpin 3-1 dalam 84 tahun sejarah pertemuan.

Berikut empat final di turnamen sebelumnya yang mempertemukan Argentina versus Brasil dilansir dari Miamiherarld, Sabtu (10/7).

- Copa America 1937

Argentina memenangkan pertandingan di final tahun tersebut dengan skor 2-0. Sebenarnya Copa America tahun itu menggunakan sistem Round-Robin dan seharusnya tak ada pertandingan final. Namun kedua tim menyelesaikan pertandingan dengan nilai poin sama yaitu delapan poin.

Keduanya sama-sama menolak pemenang dihitung berdasarkan selisih gol. Brasil dan Argentina kemudian setuju saling berhadapan untuk menentukan pemenang. Laga berakhir 0-0 pada waktu normal yang berlangsung di Stadion Gasometro, stadion lama San Lorenzo, di Buenos Aires. La Albiceleste akhirnya memenangkan turnamen di babak perpanjangan waktu berkat dua gol Vicente de la Mata.

- Copa America 2004

Di turnamen ini Brasil memenangkan pertandingan lewat drama adu penalti setelah hanya bermain imbang 2-2 di waktu normal. Kemenangan Argentina sebenarnya sudah di depan mata namun buyar oleh gol Andriano jelang laga berakhir

Pada laga yang berlangsung di Stadion Nacional di Lima, Argentina unggul 1-0 melalui gol Christian Gonzalez dari titik putih. Luisao menyamakan kedudukan jelang jeda.

Argentina unggul 2-1 tiga menit jelang pertandingan berakhir berkat gol Cesar Delgado. Argentina sudah bersiap berpesta namun harus buyar ketika tembakan Adriano menyamakan kedudukan 2-2.

Laga pun berlanjut ke adu penalti. Kiper Brasil Julio Cesaer menggagalkan dua penendang Argentina yaitu Andres D'Alessandro dan Gabriel Heinze. Adapun Juan menjadi penendang penentu untuk Brasil dan berhasil melaksanakan tugasnya dengan baik sekaligus membawa Brasil memenangkan Copa America ketujuh kalinya.

- Piala Konfederasi 2005

Di turnamen ini, Brasil menang 4-1 atas musuh bebuyutannya itu. Brasil menyingkirkan tuan rumah Jerman di semifinal. Adapun Argentina mengalahkan Meksiko.

Meski bermain tanpa striker utamanya Ronaldo yang cedera dan digantikan Robinho, Brasil tetap perkasa. Adriano membuka keunggulan Brasil lewat tembakan dari luar kotak penalti menit ke-12. Dilanjutkan dengan gol Kaka lima menit kemudian.

Pemain terbaik dunia saat itu, Ronaldinho mencetak gol ketiga. Disusul gol kedua Adriano. Adapun gol satu-satunya Argentina dilesakkan Pablo Aimar.

- Copa America 2007

Brasil kembali mempecundangi Argentina di final kali ini dengan skor 3-0. Banyak yang berharap Argentina memenangkan kejuaraan ini.

Laga yang berlangsung di Stadion Maracaibo, lini depan diisi oleh Carlos Tevez, Juan Roman Riquelme, dan Lionel Messi yang baru berusia 20 tahun. Namun Argentina tak mampu membuat perbedaan di lapangan.

Brasil justru membobol gawang Argentina tiga gol lewat Julio Baptista, gol bunuh diri Roberto Ayala dan Dani Alves. Itu gelar kedua Brasil berturut-turut di turnamen tersebut. Ini juga kekecewaan pertama Messi bersama Argentina di babak final.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA