Sabtu 10 Jul 2021 14:53 WIB

Pengusaha Kaya Meksiko Jadi Buron

Miguel Aleman didakwa telah menggelapkan pajak.

Rep: Lintar Satria/ Red: Teguh Firmansyah
Buronan (ilustrasi)
Buronan (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, MEXICO CITY -- Pemerintah Meksiko mengatakan pengusaha kaya yang didakwa atas penggelapan pajak melarikan diri dari negara itu pada awal tahun ini. Pendiri maskapai Interjet, Miguel Aleman, meninggalkan Meksiko sejak 31 Januari.

Pemerintah mengatakan mungkin Aleman sudah melarikan diri beberapa bulan sebelum surat penangkapannya dikeluarkan. Dalam pernyataan singkatnya badan imigrasi Meksiko (INM) mengatakan Aleman terbang dari bandara internasional Toluca, sekitar satu jam dari Mexico City.

Baca Juga

Dalam pernyataanya Sabtu (10/7) INM menyebut mereka sudah mengeluarkan surat peringatan pada semua bandara internasional, pintu masuk darat dan pelabuhan di Meksiko. Hal itu sesuai dengan permintaan yang diajukan kantor Kejaksaan Agung Meksiko.  

Berita tentang surat penangkapan Aleman dilaporkan pertama kali pada pekan. Tapi tidak diketahui kapan tepatnya surat tersebut dikeluarkan.

Kasus ini menjadi kasus pertama pengusaha kaya terkenal yang didakwa undang-undang baru pemerintah Meksiko yang memperlakukan penggelapan pajak sama seperti kejahatan pidana yang pelakunya dapat dihukum penjara.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement