Sabtu 10 Jul 2021 13:45 WIB

Fans Sebut ‘Permission to Dance’ Rayakan Keberagaman

BTS memasukkan bahasa isyarat Korea dan internasional dalam Permission to Dance

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Esthi Maharani
Cuplikan teaser lagu terbaru BTS,
Foto: HYBE LABELS/Youtube
Cuplikan teaser lagu terbaru BTS,

REPUBLIKA.CO.ID, SEOUL — Grup K-pop BTS baru saja merilis video musik untuk lagu baru mereka “Permission To Dance,” yang menciptakan sukses besar lain untuk mereka. Video musiknya dinilai menarik perhatian karena nadanya yang catchy, suasana cerah, dan visual yang memukau. Tak hanya itu, saat video tersebut dirilis, para penggemar memuji BTS karena merangkul dan merayakan keragaman.

Dilansir Korea Boo pada Sabtu (10/7), salah satu hal pertama yang diperhatikan penggemar dalam video musik adalah para anggota memasukkan bahasa isyarat Korea (KSL) dan internasional (ASL) ke dalam koreografi mereka. Label rekaman grup kemudian mengkonfirmasi para anggota menggunakan bahasa isyarat untuk kata-kata “menyenangkan,” “menari,” dan “damai.”

Video musik juga memastikan bahwa semua penggemar BTS akan dapat berhubungan dengan narasinya. Sepanjang video, orang-orang dari berbagai usia, ras, dan kebangsaan diwakili untuk memastikan bahwa penggemar tahu pesan positif BTS ditujukan pada semua orang. Itu juga merupakan cara untuk merayakan betapa banyak keragaman yang ada di dunia.

Untuk menekankan pesan harapan selama pandemi, BTS menggambarkan gagasan harapan untuk masa depan yang lebih baik. Dalam video tersebut, orang-orang dari berbagai pekerjaan penting juga ditampilkan, menyoroti pekerjaan fantastis yang telah mereka lakukan dalam situasi yang menantang. Setelah menonton video tersebut, banyak penggemar membahasnya di media sosial untuk menyuarakan apresiasi dan pujian mereka untuk BTS.

“Sangat menyenangkan. Lagu harapan lainnya pascapandemi, menyoroti tema harapan untuk masa depan yang lebih baik. Sangat senang melihat para pekerja penting di sana juga. Namun, keragaman membuatnya semakin indah. Sudah dilakukan dengan baik, BTS terima kasih,” tulis penggemar @eccentaecity di Twitter.

“Video musik ‘Permission to Dance’ begitu indah. Itu membuat saya emosional. Penuh cinta, kepositifan, kelucuan, keragaman, dan persatuan. Terima kasih BTS untuk membawa sukacita, harapan, dan kekuatan,” tulis penggemar @shadow_twts.

“Sebagai ibu dari anak tunarungu dan pendidik tunarungu. Ketika saya memberi tahu Anda bahwa adegan ini membuat saya menangis. Mereka benar-benar melakukan kata dance dalam bahasa isyarat. Saya mencintaimu BTS,” tulis @sweeter_sweet.

Bagi banyak penggemar, video musik itu merangkul keragaman, kesetaraan, dan keunikan. Dengan memanfaatkan bahasa isyarat dalam koreografi mereka, BTS menyampaikan pesan yang kuat dan menghibur semua orang

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement