Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Kompak dengan Keluarga dengan Berolahraga Bersama

Sabtu 10 Jul 2021 13:05 WIB

Rep: Farah Noersativa/ Red: Muhammad Hafil

Kompak dengan Keluarga dengan Berolahraga Bersama . Foto: Olahragawan (ilustrasi).

Kompak dengan Keluarga dengan Berolahraga Bersama . Foto: Olahragawan (ilustrasi).

Foto: www.freepik.com
Olahraga bersama dengan keluarga mendatangkan banyak manfaat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berada di rumah saja tentu membuat kita semakin stres jika kita tak memiliki kegiatan. Salah satu hal yang bisa dikerjakan bersama keluarga di rumah adalah berolahraga bersama keluarga. 

“Daripada merasa terkurung di rumah, mengapa kita tidak menjadi lebih produktif sebagai sebuah keluarga. Berolahraga bersama adalah aktivitas sehat yang dapat dilakukan bersama oleh pasangan dan anak-anak,” kata aktor dan penyanyi Indonesia Marcell Siahaan yang baru-baru ini menjadi instruktur STRONG Nation™.  

Dia menyarankan kepada banyak keluarga di Indonesia untuk berolahraga di rumah seperti melakukan high-intensity interval training (HIIT). Menurutnya, itu akan membantu keluarga menyeimbangkan gaya hidup sehat.

“Sebagai keluarga, kita bertanggung jawab untuk menjaga kesehatan satu sama lain di masa yang tidak pasti ini, baik secara fisik maupun mental,” kata Marcell. 

Dia melanjutkan, berlatih dengan STRONG Nation™ sangat baik bagi anggota keluarga. Latihan ini memiliki berbagai tingkat gerakan yang disesuaikan untuk pemula hingga ahli. 

“Kami merasa berenergi selama kelas saat kami berkeringat dan bersenang-senang bersama,” tambah Marcell.

Menurut Organisasi Obesitas Dunia, selama pandemi, resiko obesitas meningkat karena kurangnya aktivitas fisik dan lebih banyak mengonsumsi makanan olahan. Laporan lain dari Kementerian Kesehatan juga menyebutkan bahwa resiko obesitas terjadi pada orang dewasa dan anak-anak sebagai respons terhadap kejenuhan selama peraturan untuk tetap di rumah yang terus diperpanjang.

Selain itu, penelitian dari Michigan State University menyebut anak-anak cenderung belajar dan meniru orang lain melalui pembelajaran observasional. Oleh karena itu, orang tua perlu menunjukkan perilaku positif, seperti membiasakan olahraga sebagai kebiasaan rutin.

“Kehadiran kami di rumah sangat berperan bagi anak-anak. Dengan berolahraga di rumah, pada akhirnya mereka akan belajar dan mulai mengikuti. Hal ini dapat mengembangkan fondasi hidup sehat sejak usia dini,” kata Marcell. 

Marcell yang sering melakukan aktivitas fisik dengan saudara perempuannya saat kecil, tertarik pada Jiu Jitsu sejak kecil. Dia lalu kemudian memutuskan untuk menjadi instruktur STRONG Nation.

Mantan atlet karate nasional dan Master Trainer STRONG Nation™, Umar Syarief,  mengatakan meski pandemi membuat hidup lebih menantang, dia mendapatkan hikmah untuk dapat terhubung kembali sebagai sebuah keluarga.

“Penting bagi orang tua untuk menetapkan kesehatan fisik dan mental sebagai tujuan keluarga. Dengan mengikuti kelas bersama, keluarga akan memperkuat ikatan mereka sekaligus meningkatkan kesehatan,” kata dia.

STRONG Nation™ adalah latihan HIIT yang diiringi musik orisinal dan dirancang agar sesuai dengan setiap gerakan. Ini akan membakar kalori sambil mengencangkan lengan, kaki, perut, dan bokong. Sesi dapat berlangsung selama 30, 45, atau 60 menit dan akan selalu memaksimalkan setiap gerakan.

Latihan ini selaras dengan manfaat berolahraga bersama keluarga seperti menegakkan disiplin, meningkatkan harga diri dan membangun daya tahan, kelincahan, dan koordinasi sekaligus memperkuat seluruh tubuh.
 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA