Tuesday, 5 Jumadil Awwal 1444 / 29 November 2022

Dompet Dhuafa Sulsel Gelar ‘Kurban Asik Tanpa Plastik’

Sabtu 10 Jul 2021 12:11 WIB

Rep: santi sopia/ Red: Hiru Muhammad

Gerakan kurban Asik Tanpa Plastik Dompet Dhuafa

Gerakan kurban Asik Tanpa Plastik Dompet Dhuafa

Foto: Dok DD
DD mengedapankan penggunakan pembungkus kurban yang ramah terhadap lingkungan.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR-—Dompet Dhuafa melakukan Gerakan ‘Kurban Asik Tanpa Plastik’. Program bertujuan mengajak semua lapisan masyarakat agar dapat mengambil peran aktif memperluas edukasi penjagaan lingkungan. 

Pimpinan Cabang Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan, Rahmat Hidayat HM mengatakan pada hari raya Idul Adha atau kurban tahun ini, DD mengedapankan penggunakan pembungkus kurban yang ramah terhadap lingkungan. Sehingga pada saat pendistribusian kami akan menggunakan besek. 

“Besek yang digunakan merupakan pemanfaatan dari pemberdayaan ibu-ibu di sekitar lokasi distribusi kurban. Maka nilai dari green kurban tetap terjaga, pendistribusian tidak hanya di Sulawesi Selatan tapi juga menyasar Sulawesi Barat yakni Majene maupun Mamuju,” kata Rahmat dalam keterangannya, Sabtu (10/7).

DD mendorong kekuatan kebijaksanaan lokal setiap daerah untuk alternatif kemasan-kemasan lokal yang lebih ramah lingkungan. Agar upaya berbagi tidak hanya untuk hari ini dan mustahik, namun juga terhadap keberlangsungan bumi agar senantiasa berseri.

Dompet Dhuafa Sulawesi Selatan (DD Sulsel) juta siap menggelar program Tebar Hewan Kurban (THK). Tim THK DD Sulsel akan menyapa masyarakat ke wilayah yang terpencil, pelosok, pedalaman, miskin, rawan gizi, hingga bencana. Selain itu, untuk masyarakat mancanegara yang berada di negara konflik kemanusiaan.

Pada 2021 ini, THK Dompet Dhuafa akan menjangkau 16 Kabupaten di Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat dan juga negara Palestina. Pemilihan wilayah tersebut merupakan bentuk komitmen dari Dompet Dhuafa untuk memberikan manfaat kepada para warga untuk merasakan daging kurban. 

Ada 1000 hewan kurban yang rencananya akan siap didistribusikan ke wilayah marginal tersebut. Penebaran ini mulai dilakukan pada tanggal 20 – 24 Juli tepat hari raya Idhul Adha dan Hari Tasyrik. Dari 1000 hewan kurban tersebut meliputi kambing standar, kambing premium, dan sapi.

Dompet Dhuafa adalah lembaga nirlaba milik masyarakat indonesia yang berkhidmat mengangkat harkat sosial kemanusiaan kaum dhuafa dengan dana ZISWAF (Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf), serta dana lainnya yang halal dan legal, dari perorangan, kelompok, perusahaan/lembaga). Selama 25 tahun lebih, Dompet Dhuafa telah memberikan kontribusi layanan bagi perkembangan ummat dalam bidang sosial, kesehatan, ekonomi, dan kebencanaan serta CSR.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA