Sabtu 10 Jul 2021 06:10 WIB

Ahli Sarankan Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Minum air putih setelah bangun tidur adalah hal penting yang wajib dilakukan.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Nora Azizah
Minum air putih setelah bangun tidur adalah hal penting yang wajib dilakukan.
Foto: Pixabay
Minum air putih setelah bangun tidur adalah hal penting yang wajib dilakukan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Ahli diet sekaligus pendiri BZ Nutrition di New York City, Brigitte Zeitlin, mengungkap bahwa minum air putih setelah bangun tidur adalah hal penting yang wajib dilakukan. Menurut dia, kebiasaan sederhana itu bisa membuat tubuh jauh lebih sehat.

Menurut Zeitlin, air adalah nutrisi penting yang berperan besar dalam mengontrol berat badan, kesehatan kulit, hati dan suhu tubuh. Dia merekomendasikan untuk minum setidak satu hingga 2 gelas air setelah bangun tidur, dan lakukan kebiasaan itu secara konsisten.

Baca Juga

“Kamu boleh minum air yang biasa, dingin, panas, suam-suam kuku, bahkan ditambah dengan perasan lemon juga tidak apa. Sesuaikan saja dengan keinginanmu,” kata Zeitlin.

Jika kalian masih penasaran kenapa harus air yang pertama diminum saat bangun tidur, simak beberapa manfaat dari kebiasaan sederhana tersebut seperti dilansir dari Well and Good, Jumat (9/7).

1. Tingkatkan kualitas otak

Zeitlin menjelaskan, salah satu manfaat utama dari minum air setelah bangun tidur adalah air membantu meningkatkan kognisi mental dan meningkatkan kualitas otak. Sebaliknya, dehidrasi telah dikaitkan dengan penurunan kewaspadaan dan peningkatan rasa grogi dan kebingungan.

“Ketika kamu lelah dan grogi saat baru bangun tidur, sedikit bantuan mental ekstra sangat membantu. Jadi, untuk alasan itu saja, Anda harus memulai hari Anda dengan segelas air,” kata dia.

2. Meningkatkan mood untuk sarapan

Beberapa orang merasa dengan segelas air di pagi hari bisa ‘membangunkan’ tubuh mereka. Dengan begitu, mereka juga lebih siap untuk sarapan. Meskipun tidak ada penelitian klinis yang kuat, namun Zeitlin mendukung pengalaman itu.

“Jika Anda adalah seseorang yang tidak pernah merasa semangat untuk sarapan dan sering melewatkannya, maka saya akan menyarankan segelas air pertama di pagi hari dan lihat apakah itu benar-benar membuat Anda lebih 'mood' untuk sarapan, karena makan sarapan seimbang telah terbukti secara klinis membantu meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dalam banyak penelitian,” kata Zeitlin.

3. Mendukung suasana hati yang lebih baik

Sebuah penelitian tahun 2014 menemukan bahwa orang yang minum air di pagi hari dan mencukupi kebutuhan air harian, mengalami peningkatan yang signifikan dalam suasana hati mereka. Sebaliknya, seseorang akan cenderung rewel dan lebih mudah tersinggung ketika mengalami dehidrasi.

4. Menyegarkan kulit

Zeitlin mengatakan, air putih membantu mengembalikan tampilan dan nuansa kulit yang lebih sehat, lebih lembut dan lebih lembab. “Satu hingga dua gelas air di pagi hari dapat membantu mengembalikan kulit Anda agar terlihat lebih cerah,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement