Jumat 09 Jul 2021 18:30 WIB

Jokowi Ajak Mahasiswa Hingga Ibu-Ibu PKK Jadi Relawan Covid

Presiden Jokowi mengajak mahasiswa hingga ibu-ibu PKK jadi relawan Covid-19.

Rep: Sapto Andika Candra/ Red: Bayu Hermawan
Presiden Joko Widodo (Jokowi).
Foto: Republika/Edwin Dwi Putranto
Presiden Joko Widodo (Jokowi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tingginya lonjakan kasus Covid-19 membuat beban rumah sakit dan tenaga kesehatan ikut bertambah signifikan. Menanggapi kondisi ini, Presiden Joko Widodo (Jokowi) pun akhirnya mengajak masyarakat umum untuk terlibat dalam pengendalian Covid-19 sebagai relawan. 

"Saya ingin mengajak kepada para mahasiswa, para pemuda pemudi, kepada ibu-ibu PKK, kepada kader-kader Posyandu untuk bersama-sama bahu membahu bergotong royong menjadi sukarelawan, menjadi relawan, dalam penanganan pandemi covid-19 ini," kata Jokowi saat memastikan kesiapan operasional RS Asrama Haji Pondok Gede untuk menangani pasien Covid-19, Jumat (9/7). 

Baca Juga

Jokowi menambahkan, selama ini para dokter, tenaga kesehatan, TNI, Polri, bahkan ASN pun sudah bekerja keras sejak awal pandemi melanda Indonesia, Maret 2020 lalu. Jokowi merasa perlu mengucapkan terima kasihnya kepada seluruh pihak yang terlihat dalam penanganan Covid-19 selama lebih dari satu tahun ini. 

"Tetapi akan lebih bagus lagi apabila ada tambahan relawan-relawan dari seluruh komponen masyarakat sehingga penanganan covid-19 bisa kita tangani dengan sebaik-baiknya," ujarnya.

Kasus Covid-19 memang terus meningkat tajam dalam satu bulan terakhir. Meski dibarengi dengan tren angka kesembuhan yang juga meningkat, namun penambahan kasus harian yang lebih tinggi tetap membuat laju pertumbuhan jumlah kasus aktif Covid-19 nasional belum terbendung sampai hari ini. 

Bahkan pemerintah mengaku sudah menyiapkan skenario terburuk, termasuk jika kasus Covid-19 bertambah hingga 70.000 kasus dalam sehari. Beberapa langkah antisipasi pun disiapkan. Salah satunya dengan menambah fasilitasi isolasi mandiri terpusat dan menambah fasilitas rumah sakit darurat. 

Yang terbaru, Presiden Jokowi meresmikan operasional RS Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Rumah sakit yang akan menampung pasien Covid-19 bergejala sedang-berat ini mulai menerima pasien pada Sabtu (10/7) besok. 

RS Asrama Haji Pondok Gede dilengkapi dengan 900 tempat tidur isolasi, 50 tempat tidur perawatan intensif (ICU), dan 40 tempat tidur perawatan ketat (HCU). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement