Jumat 09 Jul 2021 17:59 WIB

Kalbe Kembangkan Vaksin Covid-19 Berbasis DNA

Dengan dasar DNA, vaksin juga merangsang imunitas seluler (sel T) lebih tinggi.

Rep: Zainur Mahsir Ramadhan/ Red: Nora Azizah
Dengan dasar DNA, vaksin Kalbe merangsang imunitas seluler (sel T) lebih tinggi.
Foto: Pixabay
Dengan dasar DNA, vaksin Kalbe merangsang imunitas seluler (sel T) lebih tinggi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua Tim Peneliti Uji Klinik Vaksin GX-19N, Prof. Iris Rengganis mengatakan, pihaknya saat ini berencana melakukan uji klinik vaksin GX-19N, kerjasama antara Kalbe dan Genexine asal Korea Selatan. Menurutnya, vaksin yang difokuskan kali ini berbasis DNA.

‘’Ini mengkode lebih banyak antigen virus sehingga berpotensi menghasilkan antibodi (humoral)’’ katanya dalam konferensi pers Uji Klinik Vaksin COVID-19 GX-19, Jumat (9/7).

Baca Juga

Menurut dia, dengan dasar DNA tersebut, vaksin ini juga merangsang imunitas seluler (sel T) yang lebih tinggi. Sehingga, katanya, bisa memberikan perlindungan yang lebih lama dalam tubuh terhadap Covid-19.

Lebih jauh, menurut Prof Iris, vaksin GX-19N juga berpotensi memberikan perlindungan terhadap bagian dari virus yang jarang bermutasi. Pasalnya, GX-19N ia sebut, tidak hanya menginduksi respon sel T spesifik terhadap protein Spike, tetapi juga menginduksi respons sel T spesifik protein Nukleokapsid.

‘’Alhasil, vaksin GX-19N ini diharapkan bisa memberikan perlindungan terhadap varian baru Covid-19,’’ ujar dia.

Mengingat vaksin ini berbasis DNA, kata dia, GX-19N rencananya akan diberikan ke dalam otot dengan menggunakan alat khusus electroporator. Alat itu, disebutnya bisa meningkatkan hantaran molekul DNA langsung ke sel otot dengan cara membuka dinding sel sementara.

‘’Dengan demikian komponen DNA dalam vaksin lebih mudah masuk dalam sel,’’ jelas dia.

Dia menuturkan, vaksin dengan basis DNA ini juga memiliki sifat yang lebih stabil terhadap suhu, dan bisa disimpan pada kondisi 2-8 derajat C. Hal itu, berbeda jika dibandingkan dengan vaksin RNA yang membutuhkan penyimpanan beku (-25 sampai -15 derajat C).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement