Jumat 09 Jul 2021 14:54 WIB

Alquran Diturunkan Berangsur, Bagaimana Menyusunnya?

Penyusunan Alquran tidak didasarkan pada masa atau tahap turunnya

Rep: Imas Damayanti/ Red: Esthi Maharani
Alquran
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Alquran

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Wahyu Alquran yang Allah turunkan melalui malaikat Jibril kepada Nabi Muhammad diturunkan secara berangsur-angsur. Berapa lama kiranya Alquran diturunkan hingga paripurna?

Ahli Tafsir Prof Quraish Shihab dalam buku Mukjizat Alquran menjelaskan, ayat-ayat Alquran diturunkan sedikit demi sedikit yakni selama 22 tahun dua bulan dan 22 hari. Terkadang yang turun belasan ayat, terkadang pula hanya beberapa ayat, bahkan pernah hanya satu ayat.

Namun berapapun ayat yang turun, Rasulullah SAW selalu menyampaikan kepada penulis-penulis wahyu berdasarkan petunjuk Allah yang disampaikan oleh malaikat Jibril. Bahwa ayat yang baru saja diterimanya merupakan lanjutan dari ayat A yang sebelumnya telah turun, atau ayat tersebut merupakan awal dari suatu surah dan lanjutannya belum turun.

Dari sanalah terlihat bahwa penyusunan ayat-ayat Alquran sebagaimana terlihat sekarang tidak didasarkan pada masa atau tahapan turunnya. Melainkan disusun oleh Allah berdasarkan pertimbangan-Nya atau lebih tepat dikatakan, kata Prof Quraish, berdasarkan keserasian hubungan ayat-ayat dan surahnya.

Prof Quraish menjelaskan, hingga kini umat Islam tidak memperoleh penjelasan dari Nabi Muhammad SAW tentang pertimbangan peletakan ayat demi ayat. Namun diyakini bahwa pasti ada hikmah di balik itu.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement