Jumat 09 Jul 2021 11:03 WIB

Luhut: Pemerintah Datangkan Oksigen Konsentrator Hari Ini

Bantuan dari Australia juga dijadwalkan datang hari ini.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Ferry kisihandi
Luhut Binsar Pandjaitan
Foto: Antara/Hafidz Mubarak A
Luhut Binsar Pandjaitan

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut B Pandjaitan mengungkapkan, 30 unit oksigen konsentrator akan tiba di Indonesia hari ini. Ini bagian dari 10 ribu oksigen konsentrator yang dibeli  dari Singapura.

“Jadi 30 unit oksigen konsentrator yang merupakan bagian dari 10 ribu unit yang dibeli Pemerintah Indonesia hari ini dikirim dari Singapura melalui penerbangan, sisanya dikirim via laut bersama tabung silinder yang diisi oksigen,” kata Menko Luhut, Jumat (9/7).

Selain oksigen kosentrator, Menko Luhut memaparkan, pemerintah juga akan membeli tujuh unit oksigen generator dan 36 ribu ton oksigen untuk 30 hari ke depan. “Jadi bukan bantuan/donasi saja, tetapi juga ada alat kesehatan yang dibeli pemerintah,” jelasnya.

Bersamaan dengan datangnya 30 oksigen tersebut, datang juga bantuan alat kesehatan dari Pemerintah Singapura untuk Kementerian Luar Negeri (sistem G to G) berupa 200 ventilator dan 256 silinder oksigen kosong 40 L .

Selain itu, bantuan Kementerian Pertahanan Singapura untuk Kementerian Pertahanan berupa alat pelindung kesehatan yakni 756 oksigen silinder, 600 oksigen konsentrator, 220 ventilator dan perlengkapan APD termasuk masker bedah, masker N95, dan kelengkapan alat bedah/APD.

Di samping itu bantuan dari Australia juga dijadwalkan hadir hari ini dengan pesawat udara yang akan mengangkut 1.000 ventilator. Hingga pekan depan, dijadwalkan beberapa kedatangan bantuan internasional termasuk 250 ribu vaksin sinopharm Uni Emirat Arab.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement