Jumat 09 Jul 2021 02:31 WIB

Vaksinator TNI AU-IDAI Laksanakan Serbuan Vaksinasi Remaja

Peserta remaja yang sudah tervaksinasi berjumlah sekitar 350 orang.

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Muhammad Fakhruddin
Vaksinator TNI AU-IDAI Laksanakan Serbuan Vaksinasi Remaja (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat
Vaksinator TNI AU-IDAI Laksanakan Serbuan Vaksinasi Remaja (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- TNI Angkatan Udara (AU) bekerja sama dengan Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) dalam memberikan bantuan tenaga vaksinator. Para vaksinator itu akan membantu kegiatan serbuan vaksinasi, khususnya kepada anak yang berusia remaja usia 12-17 tahun.

“Dengan adanya vaksinasi, kami berharap agar dapat menekan laju penyebaran Covid-19 menurun, bila semua anak SMP dan SMA telah tuntas divaksin, maka nanti anak-anak akan belajar lebih nyaman pada saat pembelajaran tatap muka dimulai," ujar perwakilan dari IDAI, Stephanie Amanda, dalam siaran pers, Kamis (8/7).

Stephanie mengatakan, pada kegiatan serbuan vaksinasi itu pihaknya membawa tenaga kesehatan (nakes) dari IDAI cabang Jakarta. Mereka dihadirkan di Wisma Aldiron, Pancoran, Jakarta Selatan, untuk membantu serbuan vaksinasi yang diadakan oleh TNI AU.

Lebih lanjut Stephanie menjelaskan, menurut data terakhir yang pihaknya dapatkan, jumlah peserta remaja yang sudah tervaksinasi berjumlah sekitar 350 orang. Para remaja yang sudah divaksinasi itu seluruhnya beralamat di wilayah Jabodetabek.

"Untuk dosisnya setengah dari dosis orang dewasa atau 0,5 ml dengan jarak atau interval minimal 28 hari dari dosis pertama ke dosis kedua," kata dia.

Salah seorang peserta vaksinasi, Nur Aliyazi, menyatakan ucapan terima kasih kepada TNI AU atas terselenggaranya vaksinasi di Wisma Aldiron. Remaja asal Bogor tersebut mengungkapkan pengalamannya saat sesudah divaksinasi.

"Setelah divaksin dan menunggu 15 menit saya tidak merasakan ada efek samping yang dirasakan,” tutur Nur.

Kemarin, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto, melaksanakan sidak ke Rumah Sakit Lapangan (Rumkitlap) di RSAU dr. Esnawan Antariksa, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Rumkitlap tersebut disiapkan sebagai tempat isolasi bagi pasien Covid-19.

"Saya harap RS Lapangan dr. Esnawan Antariksa menjadi salah satu solusi yang dapat diberikan untuk membantu sesama manusia saat menghadapi ledakan Covid-19 saat ini. Layani masyarakat dan keluarga besar TNI dengan hati yang tulus dan ikhlas," jata Hadi saat berdialog dengan Kepala RSAU dr. Esnawan Antariksa, Kolonel Kes Mukti Arja Berlian.

Mukti pada kesempatan itu menerangkan, saat ini 20 tempat tidur di RS lapangan telah terisi semua. Pada Rabu (7/7),  pihaknya akan dibantu penambahan tempat tidur serta tenda RS Lapangan dari BNPB, sehingga total nantinya dapat merawat pasien sejumah 100 tempat tidur.

"Tidak hanya itu saja Panglima, kami juga sedang menyiapkan penambahan nakes dan dokter ahli yang disiapkan oleh Dinas Kesehatan TNI AU," ujar dia.

Sementara pada kesempatan yang sama, Panglima TNI juga meninjau pelaksanaan serbuan vaksinasi Covid-19 di RSAU dr. Esnawan Antariksa. Kegiatan itu sudah berjalan selama dua pekan dan telah mencapai 8.500 orang dan kegiatan ini akan terus berlanjut sampai seluruh masyarakat tervaksin semua.

"Saya sampaikan terima kasih dan apresiasi kepada RSAU dr. Esnawan Antariksa yang telah berinovasi guna membantu masyarakat dan keluarga besar TNI," ungkap Panglima TNI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement