Kamis 08 Jul 2021 22:01 WIB

Sahabat Nabi yang Wafat Usai Masuk Islam dan Dapat Surga

Terdapat sahabat Nabi Muhammad SAW yang wafat setelah masuk Islam

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat sahabat Nabi Muhammad SAW yang wafat setelah masuk Islam. Ilustrasi Sahabat Nabi
Foto: MgIt03
Terdapat sahabat Nabi Muhammad SAW yang wafat setelah masuk Islam. Ilustrasi Sahabat Nabi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Beberapa di antara sahabat Nabi Muhammad ﷺ ada yang memiliki amalan sedikit namun mereka mendapatkan surga di kehidupan akhir. 

Mereka tidak dalam waktu yang lama memeluk islam, namun kemudian mati syahid. Dilansir dari laman Islamweb pada Kamis (8/7), berikut beberapa kisahnya:

Baca Juga

1. Amru bin Tsabit bin Waqsyi 

Dia adalah salah satu sahabat yang syahid di Perang Uhud. Bahkan disebutkan Nabi Muhammad ﷺ bahwa Amru bin Tsabit menjadi salah satu penghuni surga. 

Amru bin Tsabin bin Waqsyi dikenal dengan Ushairim dari Bani Abdul Asyhal. Amru bin Tsabit dikatakan dia enggan masuk Islam karena kaumnya. 

Tapi pada suatu hari, dia mencari-cari Saad bin Muadz dari kaumnya. Lalu disebutkan Saad sedang berada di Uhud bersama Rasulullah dan seluruh pasukan Islam.  

Kemudian dia bertanya tentang kaumnya, dan dikatakan juga kaumnya juga ikut Perang Uhud. Saat itu, agama Islam mulai merasuk dalam diri Amru bin Tsabit dan saat itu juga dia menyatakan dirinya masuk Islam dan akan ikut berperang menyusul Rasulullah ﷺ dan kaumnya. 

Ketika perang usai, beberapa Bani Abdul Asyhal mencari korban-korban dari kaumnya yang syahid dalam peperangan. Saat itulah beberapa dari mereka kaget karena menemukan Amru bin Tsabit di antara korban yang tengah sekarat.

Mereka berkata, "Demi Allah, ini adalah Al Ushairim. Untuk apa dia datang?" "Kami meninggalkannya karena dia menolak datangnya Islam," ujar mereka.

Lalu salah seorang di antara mereka bertanya kepada Amru bin Tsabit dalam Perang Uhud, "Untuk apa engkau datang? Apa engkau ingin berperang demi kaummu atau ingin masuk Islam?"

Amru bin Tsabit menjawab, "Karena kecintaanku kepada Islam. 

Aku telah beriman kepada Allah dan Rasul-Nya dan aku telah masuk Islam. Lalu aku mengambil pedangku, aku maju bersama Rasulullah dan aku berperang hingga aku terkena serangan."

Tidak lama kemudian, dia meninggal dunia. Lalu Rasulullah mendengar kisah Ushairim tersebut. Rasulullah lalu beliau bersabda, "Sesungguhnya dia termasuk penghuni surga."

2. Yasar Al Habsyi 

Seorang sahabat Rasulullah yang memeluk Islam ketika dalam tempo berlakunya Perang Khaibar. Beliau lantas menyertai misi Khaibar dan syahid tanpa pernah menunaikan satu rakaat sholat pun. 

Kisah beliau ini dinukilkan Al Imam Ibnu Al Qayyim yang menyebutkan keadaan kematian beliau. Sabda Rasulullah:

لقد حَسُن إسلام صاحبكم، لقد دخلت عليه وإن عنده لزوجتين له من الحور العين "Sesungguhnya saudara kamu telah memeluk Islam dalam keadaan yang baik. Ketika mana aku menziarahi jenazah beliau, aku mendapati beliau dikurniakan dengan bidadari dari surga." 

 

Sumber: islamweb 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement