Penalti Kane Tuai Kontroversi, Sah atau Tidak?

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Israr Itah

Winger Inggris Raheem Sterling (tengah) dilanggar di kotak penalti saat semifinal UEFA EURO 2020 melawan Denmark.
Winger Inggris Raheem Sterling (tengah) dilanggar di kotak penalti saat semifinal UEFA EURO 2020 melawan Denmark. Foto: EPA-EFE/Laurence Griffiths
Ada dua bola di lapangan dan Raheem Sterling dianggap diving.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Timnas Inggris berhasil melaju ke final Euro 2020 setelah mengalahkan Denmark dengan skor 2-1 pada laga semifinal di Stadion Wembley, London, Kamis (8/7) dini hari WIB. Tendangan penalti Harry Kane pada babak tambahan menjadi penentu kemenangan tim Tiga Singa. 

Namun, hasil maksimal yang diperoleh Kane dan kawan-kawan menimbulkan pertanyaan baru. Sebab, proses pelanggaran pemain Denmark terhadap Raheem Sterling diragukan meski wasit laga tersebut Danny Makkelie yakin akan keputusannya. Makkelie pun tak menunggu verifikasi VAR soal adanya pelanggaran atau tidak. Saat VAR mengecek tayang ulang, Makkelie tak menunggunya sampai berakhir dan meminta tendangan penalti. 

Baca Juga

Satu hal lain yang janggal dari proses pelanggaran Sterling adalah adanya dua bola dalam satu lapangan. Ketika Inggris menyusun serangan, terdapat satu bola dari pinggir lapangan yang menggelinding ke tengah arena. Namun, wasit tidak menghentikan pertandingan lalu Sterling dilanggar pemain Denmark Joakim Maehle. Banyak pihak menganggap Sterling diving. 

Harry Kane yang ditugasi sebagai eksekutor tendangan 12 pas, sempat gagal karena sepakannya ditepis Kasper Schmeichel. Namun, bola yang kembali bergulir ke arah Kane kembali ia lesakkan dan berhasil masuk ke gawang. Inggris memastikan kemenangan di babak tambahan setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal. 

Dalam laporan The Sun, Kamis (8/7), insiden dua bola yang masuk ke dalam gawang semestinya menjadi perhatian wasit. Sebagai juru adil pertandingan, ia harus menghentikan pertandingan sementara jika ada dua bola yang masuk ke lapangan.

Wasit nantinya akan menerapkan 'drop ball' untuk mengembalikan pertandingan seperti sedia kala. Namun, wasit dalam laga semalam dinilai tidak memerhatikan arah bola.

Hal tersebut diperkuat oleh peraturan FIFA 2020/21 yang menyebut bahwa wasit wajib menghentikan pertandingan jika ada objek asing seperti bola ekstra, hewan, atau hal-hal lain tidak berkepentingan masuk ke dalam lapangan selama laga berlangsung. 

Terkait


Manajer Inggris Gareth Southgate merayakan setelah semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di London, Inggris, 07 Juli 2021.

Melangkah ke Final, Southgate : Inggris Istimewa

Kyle Walker dari Inggris merayakan setelah semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di London, Inggris, 07 Juli 2021.

Lawan Italia, Walker Ingin Bawa Inggris Juara Euro 2020

Fans Inggris merayakan kemenangan negaranya dalam semifinal UEFA EURO 2020 atas Denmark di London, Inggris, 7 Juli 2021.

Adele, Dua Lipa, Hingga Beckham Rayakan Kemenangan Inggris

Mikkel Damsgaard (tengah) dari Denmark mencetak gol dari tendangan bebas pada semifinal UEFA EURO 2020 antara Inggris dan Denmark di London, Inggris, Kamis (7/7) waktu setempat.

Piala Eropa 2020, Kalahkan Denmark Inggris ke Final

I Made Wirawan

Latihan Mandiri Buat Made Wirawan Bisa Tonton Euro

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image