Kamis 08 Jul 2021 15:24 WIB

Kolam Renang Terdalam di Dunia Dibuka di Dubai

Deep Dive Dubai itu mencapai kedalaman lebih dari 60 meter.

Rep: Kiki Sakinah/ Red: Esthi Maharani
Deep Dive Dubai
Foto: Al Arabiya
Deep Dive Dubai

IHRAM.CO.ID, DUBAI -- Kolam renang dalam ruangan terdalam di dunia secara resmi dibuka di Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), pada Rabu (7/7). Menurut kantor berita WAM, Deep Dive Dubai itu mencapai kedalaman lebih dari 60 meter.

Kolam renang juga menampilkan atraksi seperti sepak bola bawah air, sebuah 'kota tenggelam', dua ruang kering dan 56 kamera bawah air. Sebelumnya, klaim untuk kolam terdalam di dunia dipegang oleh fasilitas Deepspot di Polandia yang mencapai kedalaman 45 meter.

Seperti diketahui, sertifikasi penyelaman rekreasi bagi pemula dari Asosiasi Profesional Instruktur Selam (PADI) memungkinkan penyelam untuk turun ke kedalaman hanya 18 meter, sementara kualifikasi lanjutan menaikkan batas menjadi 40 meter. Kualifikasi teknis harus dicapai untuk mencapai kedalaman 60 meter.

Deep Dive Dubai yang terletak di kompleks olahraga Nad al-Sheba dibuka secara resmi oleh putra mahkota Dubai, Sheikh Hamdan al-Maktoum. Dilansir di Al Arabiya, Kamis (8/7), air tawar di kolam renang tersebut tersirkulasi setiap enam jam melalui batuan vulkanik dan radiasi ultraviolet.

Fasilitas seluas 1.500 meter persegi itu berbentuk seperti tiram sebagai penghormatan kepada warisan penyelaman mutiara Uni Emirat Arab. Kolam itu menampung 14 juta liter air, cukup untuk mengisi enam kolam renang ukuran Olimpiade.

Sementara itu, pendaftaran umum dibuka akhir bulan ini untuk setiap penyelam yang memenuhi syarat di atas usia sepuluh tahun. Kursus menyelam juga akan diajarkan di pusat tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement