Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Saturday, 18 Safar 1443 / 25 September 2021

Parlemen Kosovo Adopsi Resolusi Kutuk Genosida Srebrenica

Kamis 08 Jul 2021 14:43 WIB

Red: Nur Aini

Parlemen Kosovo pada Rabu (7/7) mengadopsi resolusi yang mengutuk peristiwa genosida pada 1995 dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya di Srebrenica.

Parlemen Kosovo pada Rabu (7/7) mengadopsi resolusi yang mengutuk peristiwa genosida pada 1995 dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya di Srebrenica.

Perdana Menteri Albin Kurti memuji 'langkah mulia' dari Parlemen Kosovo

REPUBLIKA.CO.ID, BELGRADE -- Parlemen Kosovo pada Rabu (7/7) mengadopsi resolusi yang mengutuk peristiwa genosida pada 1995 dan pelanggaran hak asasi manusia lainnya di Srebrenica.

Resolusi tersebut menyampaikan simpati dan kesedihan mendalam atas pembantaian lebih dari 8.300 Muslim Bosnia oleh pasukan Serbia yang menyerang “daerah aman” PBB di Srebrenica pada Juli 1995. Kosovo juga menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban, yang tanpa ampun menjadi sasaran meskipun ada kehadiran pasukan penjaga perdamaian Belanda.

Baca Juga

Setiap penolakan publik dan disengaja atas genosida di Srebrenica, dengan tujuan merendahkan para korban dan menutupi motif kejahatan yang dilakukan, akan sangat dikutuk, ungkap resolusi tersebut.

“Pasukan Serbia Tentara Republika Srpska (VRS) melakukan pembantaian di Srebrenica dan sekitarnya selama beberapa hari, ketika lebih dari 8.000 wanita, pria, dan anak-anak terbunuh,” kata pernyataan itu.

Resolusi tersebut meminta pemerintah dan lembaga negara lainnya untuk mendeklarasikan tanggal 11 Juli sebagai Hari Peringatan genosida Srebrenica. Negara itu juga mendesak upaya tambahan untuk mengadili semua orang yang bertanggung jawab atas perencanaan dan melakukan genosida.

Perdana Menteri Kosovo Albin Kurti mengatakan pengambilan resolusi itu adalah “langkah mulia dan benar.” Dia mengatakan Kosovo sedang mempersiapkan gugatan terhadap Serbia atas pembantaian itu, menekankan bahwa genosida terhadap komunitas Muslim Bosnia harus dihukum agar tidak terulang.

“Mereka yang tidak mengaku bersalah dan tidak meminta maaf sangat yakin bahwa mereka benar,” ungkap Kurti.

Genosida Srebrenica

 

sumber : https://www.aa.com.tr/id/dunia/parlemen-kosovo-adopsi-resolusi-kutuk-genosida-srebrenica/2297637
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA