Kamis 08 Jul 2021 12:47 WIB

Bantu Penggalian Makam, Pemkot Bogor Turunkan Backhoe

Backhoe akan diturunkan di TPU Situ Gede dan TPU Kayumanis.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Bilal Ramadhan
Dinas PUPR Kota Bogor turunkan backhoe untuk menggali makam khusus Covid-19 di TPU Situ Gede dan TPU Kayumanis, Kota Bogor.
Foto: dok. Istimewa
Dinas PUPR Kota Bogor turunkan backhoe untuk menggali makam khusus Covid-19 di TPU Situ Gede dan TPU Kayumanis, Kota Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor menurunkan menurunkan alat berat berupa backhoe untuk membantu mempercepat proses penggalian makam Covid-19. Alat berat itu diturunkan untuk membantu Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) mempercepat proses penggalian makam.

"Alat berat ini kami turunkan untuk mempercepat proses penggalian makam pasien Covid-19. Karena kalau secara manual tentunya akan memakan waktu yang cukup lama," kata Kepala Dinas PUPR Kota Bogor, Chusnul Rozaqi.

Chusnul mengatakan, rencananya alat berat tersebut akan dikerahkan untuk menggali makam khusus Covid-19 di dua Tempat Pemakaman Umum (TPU) Covid-19. Dua TPU tersebut yaitu TPU Situ Gede, Kecamatan Bogor Barat dan TPU Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal.

Alat berat itu diperbantukan di kedua TPU tersebut agar setiap harinya ketersediaan lubang makam tercukupi. Chusnul menuturkan, jika peggalian dilakukan secara manual dapat memakan waktu dan keterbatasan tenaga petugas makam.

"Kalau manual butuh waktu, sedangkan kita harus cepat. Tenaga penggali juga kurang," ujar dia.

Terpisah, Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor, Juniarti Estiningsih mengaku sangat terbantu dengan adanya bantuan alat berat tersebut dari PUPR Kota Bogor. Dengan dibantu Dinas PUPR Kota Bogor, dia merasa terbantu. Apalagi mereka menggunakan alat berat untuk penyediaan lubang makam.

"Jumlah kasus kematian karena Covid-19 belakangan ini terus meningkat. Tentunya dengan bantuan alat ini lebih memudahkan petugas pemakaman di sejumlah TPU. PUPR membantu untuk pembukaan lahannya, jadi kami bisa lebih fokus ke proses pemakamannya ,” kata Juniarti.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement