Kamis 08 Jul 2021 10:25 WIB

Southgate: Laga Final Italia Vs Inggris Layak Dinanti

Menurut Southgate, Italia tim yang sangat bagus dalam beberapa tahun terakhir.

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Israr Itah
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.
Foto: EPA-EFE/Frank Augstein
Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Inggris akhirnya lolos ke final turnamen besar setelah menunggu selama 55 tahun. The Three Lions mengalahkan Denmark 2-1 pada semifinal di Stadion Wembley, London Kamis (8/7) WIB, sehingga berhak tampil di laga puncak Euro 2020 melawan Italia. Final Euro 2020 berlangsung di tempat yang sama pada Senin (11/7) dini hari WIB.

Pelatih Gareth Southgate pun sudah mengarahkan pandang duel kontra Italia, yang lolos ke final usai mengalahkan Spanyol. Menurutnya, Italia adalah tim yang sangat bagus dalam beberapa tahun terakhir. 

Baca Juga

"Mereka dalam performa yang luar biasa dan memiliki petarung defensif yang telah melalui segalanya. Ini pertandingan yang hebat untuk dinantikan," kata Southgate, dikutip dari laman resmi UEFA, Kamis (8/7).

Inggris mesti hati-hati. Sebab, mereka belum pernah mengalahkan Italia dalam enam pertemuan terakhir di laga kompetitif. Inggris terakhir kali menang atas Azzurri pada 1978, ketika Kevin Keegan dan Trevor Brooking memastikan kemenangan 2-0 untuk the Three Lions di Wembley.

Namun Southgate menegaskan, final ada untuk dimenangkan. Ia akan kembali berkumpul lagi dengan skuadnya untuk mempersiapkan tim dengan baik. 

"Kami perlu memulihkan diri malam ini, butuh banyak kekuatan fisik dan mental. Italia juga mengalami itu, meskipun mereka memiliki satu hari ekstra untuk pemulihan," ujar Southgate. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement