Rabu 07 Jul 2021 21:15 WIB

Akuisisi Nasabah, MNC Group Kerja Sama dengan Jasa Marga

MNC membantu Jasa Marga mengoptimalkan seluruh potensi kinerja dari total ruas tol

Rep: Novita Intan/ Red: Gita Amanda
MNC Group menjalin kerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero)  demi pengembangan bisnis di tengah masa pandemi Covid-19.  ilustrasi
Foto: Antara/Raisan Al Farisi
MNC Group menjalin kerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero) demi pengembangan bisnis di tengah masa pandemi Covid-19. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- MNC Group menjalin kerja sama dengan PT Jasa Marga (Persero)  demi pengembangan bisnis di tengah masa pandemi Covid-19. Adapun kerja sama ini, MNC Group ini diwakili Motion Banking, Motion Pay, MNC Vision Network dan MNC Land sedangkan Jasa Marga diwakili PT Jasamarga Related Business (JMRB). 

Direktur Utama Jasa Marga Related Business Cahyo Satrio Prakoso mengatakan, perusahaan memiliki tugas untuk membantu Jasa Marga mengoptimalkan seluruh potensi kinerja dari total ruas jalan tol kelolaan 1.600 kilometer (km) lebih. Adanya kerja sama ini akan membantu perusahaan dalam menjalankan tugas tersebut, sekaligus menjawab banyak potensi pengembangan bisnis baru pada era digital.

"Kami tentu sangat terbuka untuk menggandeng partner strategis khususnya MNC Group yang banyak memiliki bidang bisnis. Kami bisa menambah pengalaman dan kompetensi untuk meningkatkan kinerja," ujarnya saat konferensi pers virtual, Rabu (7/7).

Sementara itu, Direktur Pengelolaan Gedung dan Fasilitas Jasa Marga Related Business Tita Paulina Purbasari menambahkan perseroan mengelola 29 rest area di jalan tol kelolaan induk usahanya. Dia menyampaikan rest area tersebut banyak diisi oleh pelaku UMKM. 

“Perseroan berharap kerja sama ini dapat membantu pelaku UMKM tersebut untuk mempercepat adopsi digital, sekaligus kemudahan akses pembiayaan guna peningkatan kinerjanya,” ucapnya.

"Jadi memang UMKM ini memiliki literasi keuangan yang belum tinggi. Kami mau membantu mereka untuk naik kelas," imbuhnya.

COO MotionBanking Bank MNC Internasional Tbk Teddy Tee mengatakan, perusahaan dapat membantu Jasa Marga Related Business untuk meningkatkan literasi keuangan pelaku UMKM. Perusahaan memiliki super app MotionBanking yang mampu menjawab semua kebutuhan pelaku UMKM, mulai dari transfer, kartu kredit, simpanan berjangka, hingga pengajuan pembiayaan.

"Itu semua dalam satu aplikasi. Kami harap dapat membantu para pelaku UMKM di rest area tersebut dan sekaligus pengunjung yang membutuhkan transaksi nonfisik di tengah pandemi ini. ini momen yang sangat baik," ucapnya.

Managing Director Motion Pay Jessica Tanoesoedibjo menyampaikan, perusahaan akan lebih mempercepat lagi akuisisi nasabah dari tenant dan dan pengunjung di rest area milik Jasa Marga. Menurutnya perusahaan sudah memiliki langkah strategis untuk mendorong akuisisi nasabah lebih cepat setelah penandatanganan kerja sama.

"Motion Pay berbasis QRIS yang tentunya sudah banyak fitur baru, bahkan seperti tarik, transfer tunai. Kami juga akan menyediakan program reward untuk tenant aktif dalam penggunaan MotionPay," ucapnya.

PT Bank MNC Internasional Tbk melalui MotionBanking memungkinkan penyediaan layanan banking dan pendanaan tenant rest area. Sedangkan PT MNC Kapital Indonesia Tbk melalui anak usahanya, PT MNC Teknologi Nusantara dengan produk unggulannya MotionPay, dapat melakukan pengembangan dan penyediaan sistem transaksi dan pembayaran digital di rest area. Sementara PT MNC Vision Networks Tbk memungkinkan pengembangan konten digital. Adapun kolaborasi bersama PT MNC Land Tbk meliputi kerja sama pengembangan properti di kawasan koridor jalan tol.

PT Jasamarga Related Business telah mengelola 29 rest area yang tersebar di seluruh Indonesia dengan lebih dari empat ratus tenant yang melakukan aktivitas bisnis di dalamnya. Saat ini, PT Jasamarga Related Business tengah gencar melakukan kajian dan pengembangan bagi kawasan di sekitar jalan tol yang dikelola oleh Jasa Marga Group. Per April 2021, Jasa Marga Group telah mengoperasikan 1.214 km jalan tol, atau 52 persen dari keseluruhan total panjang jalan tol yang beroperasi di seluruh Indonesia. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement