Rabu 07 Jul 2021 18:43 WIB

Film-Film dengan Musik dan Adegan Pembuka Terbaik

Dengan lagu yang tepat, pembukaan film semakin berkesan.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Guardians of the Galaxy Vol. 2
Foto: Aceshowbiz
Guardians of the Galaxy Vol. 2

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Tim produksi film termasuk sutradara dan pengisi latar suara memiliki pekerjaan cukup berat. Salah satunya, membuat awalan pada film yang menyajikan kredit pembuka. 

Kredit pembuka yang menarik dan tentu dengan lagu yang juga menarik, dapat menjadi sarana untuk memperkenalkan gaya, tema, atau konsep dasar karya mereka kepada para penonton. Urutan awalan yang sangat unik, berani, atau menggelegar, dapat melekat di benak penonton meski detail cerita yang diingat penonton mulai memudar. Dengan lagu yang tepat digunakan di tempat yang pas, dapat membuat pembukaan film semakin berkesan.

Selama bertahun-tahun, pembuat film menggunakan musik dan pemain populer untuk mengiringi kredit pembuka mereka. Beberapa dari mereka telah membuat adegan dengan sangat baik sehingga urutan judul menjadi beberapa momen terbaik di seluruh film.

Berikut beberapa film terbaik yang memiliki pembukaan yang epik dengan lagu yang berkesan, seperti direkomendasikan oleh dari laman Screen Rant, Rabu (7/7): 

1. The Graduate - "The Sound of Silence" (Simon & Garfunkel)

photo
Film The Graduate. - (Embassy Pictures)

 

The Graduate adalah film yang dirilis pada 1967 dan dibesut oleh Mike Nichols. Film itu dibuka dengan serangkaian gambar pejalan kaki yang tenang yang menunjukkan karakter Dustin Hoffman. Dia terkesan agak tanpa tujuan turun dari pesawat dan berjalan melalui terminal. 

Kesederhanaan komposisi Nichols adalah aset terbesarnya. Dia menyajikan gambar yang mencolok dan hampir monokromatik yang serasi bekerja bersama-sama dengan karya folk-rock Simon dan Garfunkel "The Sound of Silence". Kombinasi itu menangkap kebosanan tanpa arah dari sang protagonis.

2. Full Metal Jacket - "Hello Vietnam" (Johnny Wright)

photo
Film Full Metal Jacket. - (Warner Bros)

 

Urutan kredit pembuka film klasik rilisan 1987 besutan Stanley Kubrick, Full Metal Jacket, sangat sederhana dibandingkan dengan beberapa contoh lain. Kubrick dengan cepat dan efektif merangkum nada film dan menunjukkan sikap pembuat film terhadap peristiwa yang akan terjadi.

Urutannya adalah serangkaian bidikan dari posisi kamera yang sama yang menunjukkan tentara memotong rambut mereka untuk persiapan pelatihan dasar. Lagu “Hello Vietnam" menjadi pengiring adegan tersebut terdengar agak muram dan mengundurkan diri oleh tampilan Johnny Wright.

Ekspresi putus asa dan kosong dari para prajurit menggemakan paduan suara sedih dari lagu tersebut. Adegan pembuka itu mencerminkan biaya yang tragis dan seringkali tidak masuk akal yang harus ditanggung oleh perang terhadap mereka yang dikirim untuk mengobarkannya.

3. Army of The Dead - "Viva Las Vegas" (Richard Cheese Ft Allison Crowe)

photo
Film Army of the Dead. - (Netflix)

 

Kredit pembuka dari ekstravaganza horor zombi besutan Zack Snyder, Army of the Dead sangat spektakuler, yang benar-benar spektakuler secara harfiah. Adegan pembuka film rilisan 2021 itu memiliki semua ciri khas gaya klasik sutradara Zack Snyder, dan ini membentuk perpaduan antara komedi dan horor yang dicakup oleh film dengan sangat baik. 

Penonton sudah tahu apa yang diharapkan dari film zombi Zack Snyder, yaitu kebrutalan yang tak termaafkan. Namun, Army of the Dead merayakan ketidaksopanan liar dan absurditas lanskap Las Vegas yang dikuasai mayat hidup. Sampul klasik Elvis Presley "Viva Las Vegas" yang memainkan urutan pembukaan segera membentuk suasana film dalam lima menit pertama.

4. Baby Driver - "Harlem Shuffle" (Bob & Earl)

photo
Film Baby Driver. - ( Sony Pictures Releasing)

 

Urutan kredit pembuka Baby Drive mungkin menjadi salah satu adegan pengambilan terus menerus yang paling berkesan dalam sejarah perfilman baru-baru ini. Pembuka film itu tersaji dengan mulus memadukan setiap elemen kinerja akting dan desain set ke dalam musik yang diputar di atasnya.

Adegan mengikuti Baby saat ia berjalan melalui jalan-jalan kota, membeli pesanan kopi, dan kembali ke gedung dari mana ia awalnya keluar. Sambil mendengarkan "Harlem Shuffle" di earphone dan menari bersama lagu.

Sutradara Edgar Wright mengubah kopi biasa ini menjadi urutan yang memukau. Adegan menggabungkan musik dengan lingkungan, dengan kata-kata grafiti dan tanda-tanda yang diposting secara harfiah mengeja lirik saat Baby menari bersama.

5. The Guardian of Galaxy Vol. 2 - “Mr. Blue Sky” (ELO)

photo
Guardians Of The Galaxy Vol.2 - (AP)

 

Sutradara The Guardians of the Galaxy, James Gunn membayangkan kembali seperti apa film superhero dalam hal konten dan nada. Dalam film itu, dia menampilkan 'pahlawan' yang berani dan tidak biasa, komedi, yang menikmati iringan berbagai macam musik populer 1960-an dan 1970-an yang dijalin dengan mulus yang dipadukan dengan narasi film yang energik dan lucu. 

Sekuelnya menyempurnakan kombo unik ini menjadi film yang mencakup unsur-unsur fiksi ilmiah yang aneh alih-alih mengandalkan pengaturan superhero yang lebih klasik. Ini ditunjukkan dengan sempurna oleh kredit pembuka Guardians of the Galaxy Vol. 2. 

Pembuka film itu menampilkan Baby Groot yang menggemaskan, bernyanyi dan menari sambil menghubungkan walkman ke amplifier dan sepasang speaker untuk meledakkan balada rock simfonik klasik 1977 ELO berjudul "Mr. Blue Sky".

Saat Groot menari, para pengikutnya berusaha mati-matian untuk menghindari dimakan hidup-hidup oleh monster besar yang meronta-ronta, bertentakel di tengah awan ledakan neon warna-warni. Sungguh sebuah adegan yang ikonik dan tak terlupakan. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement