Rabu 07 Jul 2021 16:11 WIB

RSUD Pasar Minggu Penuh Meski IGD Sudah Jadi Tempat Rawat

RSUD Pasar Minggu tetap menerima pasien baru tapi pasien harus mengantre dulu.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Petugas saat beristirahat di RSUD Pasar Minggu, Jakarta.
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Petugas saat beristirahat di RSUD Pasar Minggu, Jakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu sudah penuh diisi pasien Covid-19. Padahal, ruang instalasi gawat darurat (IGD) sudah dialihfungsikan menjadi ruang perawatan.

Direktur Umum (Dirut) RSUD Pasar Minggu, dr. Yudi Amiarno, mengatakan, kini terdapat total 365 tempat tidur pasien Covid-19 di rumah sakit yang ia pimpin. Itu sudah termasuk tempat tidur pasien di ruang IGD.

"Pagi ini laporannya ada 365 bed dalam keadaan terisi semua," kata Yudi kepada wartawan di RSUD Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Rabu (7/7).

Kendati sudah penuh, Yudi menyebut pihaknya tetap masih menerima pasien baru. Hanya saja, pasien harus mengantre terlebih dahulu. Mereka harus menunggu pasien Covid-19 di ruang perawatan dipulangkan terlebih dahulu.

Selain itu, kata Yudi, pasien yang diterima hanya pasien Covid-19 dengan gejala sedang hingga berat. Sedangkan pasien gejala ringan akan diminta untuk dirawat di Wisma Atlet atau tempat lain yang sudah disediakan Pemprov DKI Jakarta.

Kasus Covid-19 terus melonjak di Jakarta. Per Selasa (6/7), terdapat 94.584 kasus aktif (orang yang masih diisolasi atau dirawat). Alhasil, banyak rumah sakit yang terpaksa menampung pasien melebihi kapasitas dengan cara mengubah ruang IGD jadi ruang perawatan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement