Rabu 07 Jul 2021 15:27 WIB

Pentingnya Taubat bagi Seorang Hamba

Seorang hamba penting untuk taubat.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Muhammad Hafil
Pentingnya Taubat bagi Seorang Hamba. Foto: Bertaubat. Ilustrasi
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Pentingnya Taubat bagi Seorang Hamba. Foto: Bertaubat. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Taubat adalah pokok permulaan hidup seseorang, sekaligus menjadi ruh akhir hidup seseorang. Artinya, kata Ibnu Qudamah Al-Maqdisi dengan bertaubat seseorang akan menikmati hidup, tidak dikejar-kejar dosa, tidak dicaci orang, dan tidak dihinakan Allah.

"Keperluan seseorang untuk bertaubat pada akhir hidup merupakan kemutlakan, dharuri dan tidak bisa ditawar-tawar lagi. Sebab semua orang menginginkan akhir hidup yang indah," kata Ibnu Qudamah dalam kitabnya Tawabbin.

Baca Juga

Tentang hal ini Allah Subhanahu Wa Taala dalam surat an-Nur ayat 31 berfirman. "Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."

Dalam surah lain AL-Hujurat ayat 11, Allah SWT berfirman yang artinya, "Dan barangsiapa tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang zalim."

Ibnu Qudamah mengatakan, taubat adalah kembalinya seorang hamba kepada Allah, melepaskan diri dari jalan yang sesat dan dimurkai Allah. Seseorang tidak bisa menempuh jalan taubat kecuali dengan hidayah Allah, yaitu petunjuk jalan yang lurus.

Hidayah Allah tidak bisa didapat tanpa mendapat Pertolongan Allah dan mengesakan Allah. Surat Al-Fatihah, kalau dikaji secara detail dan bertahap akan menjadi petunjuk bagi orang-orang yang ingin bertaubat. Petunjuk menuju jalan yang lurus tidak ada akan diperoleh kalau tidak mengetahui dosa, juga tidak akan dapat kalau perbuatan dosa terus dilakukan.

"Ketidaktahuan menjadi penghalang datangnya hidayah, dan ketergantungan pada perbuatan dosa menghalangi datangnya keinginan untuk bertaubat," katanya.

Karena itu, tidak sah bertaubat kecuali setelah mengetahui dosa, mengakuinya, dan meminta untuk dibebaskan dari akibat buruk yang akan menimpanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement