Monday, 4 Jumadil Awwal 1444 / 28 November 2022

Bekuk Kolombia, Argentina Jumpa Brasil di Final Copa America

Rabu 07 Jul 2021 10:26 WIB

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Kapten timnas Argentina Lionel Messi melakukan selebrasi.

Kapten timnas Argentina Lionel Messi melakukan selebrasi.

Foto: EPA-EFE/Juan Mabromata
Kiper Argentina Emiliano Martinez jadi pahlawan dalam adu penalti vs Kolombia.

REPUBLIKA.CO.ID, BRASILIA -- Argentina akhirnya akan menghadapi Brasil di final Copa America 2021, usai mengalahkan Kolombia di semifinal. Setelah bermain imbang 1-1 selama 90 menit, laga dilanjutkan dengan adu penalti, yang dimenangkan oleh Argentina, Rabu (7/7) pagi WIB.

Kiper Argentina Emiliano Martinez menjadi pahlawan dalam adu penalti usai menepis tiga tendangan Kolombia.

Argentina sudah unggul saat pertandingan baru berjalan enam menit. Lionel Messi jadi kreator setelah umpannya mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Lautaro Martinez. 1-0 untuk Argentina.

Kolombia pun hampir langsung menyamakan kedudukan, setelah Juan Cuadrado mendapatkan peluang emas semenit kemudian. Namun tendangannya masih bisa dihalau kiper Martinez.

Usai gol Lautaro Martinez, Kolombia menguasai jalannya pertandingan dengan lebih banyak menciptakan peluang. Kolombia bahkan hampir saja membobol gawang Argentina dalam satu menit setelah dua percobaan membentur tiang gawang. Pertama, tendangan Barrios dari luar kotak penalti, lalu sundulan Yerry Mina dari proses tendangan sudut.

Namun Argentina hampir menggandakan keunggulan melalui sundulan Nicolas Gonzalez. Hanya saja kiper Ospina dengan sigap menepis bola. Skor 1-0 pun bertahan hingga jeda.

Memasuki babak kedua, Kolombia masih terus tampil menekan. Luis Diaz melakukan tendangan dari luar kotak penalti pada menit 47, namun bola masih bisa diamankan Martinez.

Upaya Kolombia akhirnya membuahkan hasil pada menit 60. Aksi solo Diaz mampu mengatasi pengawalan Pezzella, dan bisa menaklukkan Martinez dengan tendangan terarah. Skor pun berubah menjadi 1-1.

Argentina hampir kembali unggul pada menit 73, namun Lautaro Martinez gagal memanfaatkan peluang emas. Berawal dari kesalahan bek, Angel Di Maria mampu melewati Ospina yang keluar dari gawangnya. Di Maria memberikan umpan kepada Martinez karena posisinya lebih menguntungkan. Tapi striker Inter Milan tersebut malah menendang bola ke arah bek lawan.

Tujuh menit kemudian, kerja sama Di Maria dan Messi nyaris berbuah gol. Namun tendangan Messi masih membentur tiang gawang. Hingga 90 menit, skor 1-1 tetap bertahan, sehingga pertandingan dilanjutkan melalui adu penalti.

Dalam adu penalti, kiper Emiliano Martinez tampil gemilang dengan tiga kali melakukan penyelamatan sehingga membuat Argentina menang 3-2.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA