Ketenangan Penalti Khas Jorginho yang Membuat Italia Melaju

Rep: Eko Supriyadi/ Red: Endro Yuwanto

Gelandang Italia Jorginho tampak gembira usai mencetak gol tendangan penalti terakhir selama pertandingan semifinal kejuaraan sepak bola Euro 2020 melawan Spanyol di Stadion Wembley di London, Inggris, Rabu (7/7) dini hari WIB.
Gelandang Italia Jorginho tampak gembira usai mencetak gol tendangan penalti terakhir selama pertandingan semifinal kejuaraan sepak bola Euro 2020 melawan Spanyol di Stadion Wembley di London, Inggris, Rabu (7/7) dini hari WIB. Foto: Fabio Ferrari/LaPresse via AP
Menendang penalti seperti itu harus dilakukan dengan tepat atau akan terlihat bodoh.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Jorginho menjadi penendang yang menentukan Italia lolos ke final Euro 2020 usai menang adu penalti melawan Spanyol, Rabu (7/7) pagi WIB. Sebelum gelandang Chelsea itu menendang, striker Spanyol Alvaro Morata gagal menuntaskan tugas berkat aksi heroik kiper Gianluigi Donnarumma.

Italia unggul 3-1. Karena itu, sebagai penendang kelima, Jorginho sadar kalau eksekusi penaltinya bakal membawa Italia langsung menang. Meski demikian, Jorginho tetap menggunakan gaya uniknya setiap kali mengeksekusi penalti.

Jorginho merupakan eksekutor tetap Chelsea setiap kali mendapatkan penalti. Ketenangannya kerap kali membuat kiper lawan terkecoh. Di level klub, Jorginho selalu menggunakan gaya setengah melompat, lalu menendang dengan arah yang meyakinkan tanpa harus mengerahkan banyak tenaga.

Namun penaltinya melawan Spanyol merupakan laga besar, yang tekanannya tentu berbeda dengan saat membela klub. Sebanyak 66 ribu penonton di stadion menyorotnya di Wembley. Jika gagal, maka gelandang 29 tahun itu kemungkinan akan dihujat oleh fan Italia.

Tapi Jorginho tetap tenang, seolah menjalani rutinitas bersama klub. Sedikit melompat, menentukan arah lalu menendang dengan keyakinan. Dan, ini membuat kiper Spanyol Unai Simon terkecoh.

Komentator BBC, Chris Sutton, terkesima melihat bagaimana Jorginho mengatasi tekanan besar di stadion.

''Dia mengawasi kiper Unai Simon untuk melihat ke mana dia akan bergerak, dan Anda harus memiliki begitu banyak keberanian dan keyakinan untuk mengambil penalti seperti itu, dan dia melakukannya. Anda harus melakukannya dengan tepat atau Anda terlihat bodoh,'' kata Sutton dikutip dari BBC, Rabu (7/7).

Terkait


Pelatih timnas Inggris Gareth Southgate.

Southgate: Rekor Inggris di Turnamen Besar Sering Dilebihkan

Kiper timnas Denmark Kasper Schmeichel.

Kiper Denmark Inginkan Inggris Angkat Koper dari Euro 2020

Pelatih timnas Spanyol Luis Enrique (kiri) menghibur Thiago Spanyol (tengah) dan Pedri pada pertandingan semifinal kejuaraan sepak bola Euro 2020 antara Italia dan Spanyol di Stadion Wembley di London, Inggris, Rabu (7/7) dini hari WIB.

Enrique tak Sedih Spanyol Gagal Lolos ke Final Euro 2020

Kapten timnas Spanyol Sergio Busquets

Disingkirkan Italia, Busquets: Spanyol Lebih Superior

Pelatih timnas Italia Roberto Mancini.

Mancini Sempat Terkejut Spanyol tanpa Striker di Awal Laga

Kontak Info

Jl. Warung Buncit Raya No 37 Jakarta Selatan 12510 ext

Phone: 021 780 3747

marketing@rol.republika.co.id (Marketing)

Ikuti

× Image