Rabu 07 Jul 2021 07:40 WIB

Alasan Nama Produk Lotus Selalu Diawali Huruf E

Pada 1956, Lotus mulai menggunakan nama Lotus Eleven.

Rep: Eric Iskandarsjah Z/ Red: Dwi Murdaningsih
Lotus Evija.
Foto: car and driver
Lotus Evija.

REPUBLIKA.CO.ID, HETHEL -- Lotus adalah produsen sports cars yang dikenal ringan dan handling yang akurat. Di satu sisi, dalam hal pemilihan nama produk, pabrikan Inggris ini ternyata selalu memilih nama yang diawali dengan huruf E.

Dikutip dari Car Advice pada Selasa (6/7), ternyata ini merupakan tradisi yang dibentuk oleh founder Lotus, Colin Chapman. Awalnya, pada 1948, ia menamai mobil rakitanya yang pertama dengan nama Lotus Mark I.

Baca Juga

Kemudian, ia terus melakukan pengembangan produk hingga tahun 1955. Dalam periode 1948 hingga 1955, ia menamai karyanya dengan Lotus Mark I, Mark II hingga Lotus Mark X secara berurutan.

Pada produk berikutnya, ia tak ingin lagi menggunakan kata "mark" dan urutan romawi. Artinya, produk itu hadir dengan nama Lotus 11. Tapi, ia lebih senang produk lansiran 1956 itu disebut sebagai Lotus Eleven.

Dari sinilah tradisi awalan huruf E dimulai. Karena, pada produk berikutnya yang diluncurkan pada 1957, ia menyematkan nama Elite.

Rupanya, pria kelahiran 1928 itu lebih nyaman untuk terus menggunakan nama dengan huruf awalan yang sama. Sejak saat itu, tradisi penggunaan nama dengan nama berawalkan huruf E pun terus berlanjut pada produk-produk berikutnya.

Setelah Elite, produk Lotus hadir dengan nama Elan, Europa, Eclat, Esprit, Excel dan Elise. Selanjutnya, produk Lotus juga hadir dengan nama Exige, Evora, Evija dan Emira.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement