Thursday, 1 Zulhijjah 1443 / 30 June 2022

Cirebon Jamin Stok Tabung Oksigen untuk RS Cukup

Rabu 07 Jul 2021 06:20 WIB

Red: Ani Nursalikah

Cirebon Jamin Stok Tabung Oksigen untuk RS Cukup. Pekerja mengisi ulang tabung oksigen. Ilustrasi

Cirebon Jamin Stok Tabung Oksigen untuk RS Cukup. Pekerja mengisi ulang tabung oksigen. Ilustrasi

Foto: ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Terdapat dua rumah sakit di Kota Cirebon yang kekurangan tabung oksigen.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Pemerintah Kota Cirebon, Jawa Barat menjamin ketersediaan tabung oksigen, terutama untuk rumah sakit rujukan Covid-19. "Rumah Sakit Gunung Jati dan Ciremai sudah kontrak dengan distributor dan aman. Apalagi di RSD Gunung Jati punya alat instalasi yang mengubah udara jadi oksigen murni," kata Sekretaris Daerah Kota Cirebon Agus Mulyadi, Selasa (6/7).

Agus mengatakan, secara keseluruhan ketersediaan tabung oksigen di Kota Cirebon masih dalam kategori aman. Namun, dari pemetaan terdapat dua rumah sakit di Kota Cirebon yang kekurangan tabung oksigen.

Baca Juga

Hal ini disebabkan salah satu dari dua distributor di wilayah Cirebon sedang kehabisan stok. "Ada dua rumah sakit yang pasokannya sudah tidak sesuai dengan ketersediaan, tapi nanti kita pecahkan bersama karena ada dua distributor di Kota Cirebon dan salah satunya memang sudah kehabisan stok. Tapi Kamis, insya Allah ada kembali," ujarnya.

Salah satu produsen dan distributor tabung oksigen di Cirebon harus mengalihkan kuota tabung pada sektor industri untuk memasok kebutuhan oksigen di rumah sakit. "Setiap hari banyak kirim ke rumah sakit, ada juga ke pribadi, bahkan hampir separuhnya dialihkan untuk keperluan medis," kata Akunting PT Samator Gas Industri, Zainal.

Meningkatnya permintaan ini, kata Zainal, kemungkinan akibat kasus Covid-19 terus naik, terutama di Cirebon dan sekitarnya. "Pasokan di sini gampang karena pabrik sendiri, jadi tidak kekurangan," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA