Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

Tuesday, 14 Safar 1443 / 21 September 2021

4 Kota Sumbar PPKM Darurat, Agam Imbau Warga tak Bepergian

Selasa 06 Jul 2021 22:28 WIB

Rep: Febrian Fachri / Red: Nashih Nashrullah

Meski Agam tak terapkan PPKM Darurat, Pemerintah minta warga tetap di rumah. Ilustrasi Sumatra Barat

Meski Agam tak terapkan PPKM Darurat, Pemerintah minta warga tetap di rumah. Ilustrasi Sumatra Barat

Foto: ANTARA/Iggoy el Fitra
Meski Agam tak terapkan PPKM Darurat, Pemerintah minta warga tetap di rumah

REPUBLIKA.CO.ID, LUBUK BASUNG— Pemerintah memperketat penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat di 43 kabupaten/kota, termasuk Provinsi Sumatra Barat. 

Selama pemberlakukan PPKM, empa kota di Sumatra Barat itu diwajibkan memenuhi sejumlah ketentuan pengetatan. Perkantoran di daerah yang memberlakukan PPKM, diwajibkan kerja di rumah (WFH) sebanyak 75 persen sehingga hanya 25 persen yang bekerja di kantor.

Baca Juga

Pemerintah Kabupaten Agam melalui Ketua Harian Satgas Penanganan covid-19, Martias Wanto, mewanti-wanti masyarakatnya untuk mengurangi mobilitas di daerah tersebut.

"Masyarakat diminta untuk memperhitungkan risiko penularan covid-19 yang makin tinggi, seperti ancaman varian Delta yang berisiko tinggi terhadap keselamatan," kata Martias, Selasa (6/7)

Martias menyebut, meski Agam tidak termasuk pemberlakukan PPKM, namun karena mobilitas antardaerah cukup tinggi maka perlu kewaspadaan bagi masyarakat agar varian delta tidak menyebar ke Sumbar, khususnya ke Agam.

Martias menyebut PPKM Darurat merupakan pembatasan-pembatasan aktivitas masyarakat yang lebih ketat daripada yang selama ini sudah berlaku. PPKM Darurat diberlakukan Pemerintah mengingat semakin tingginya kasus keterpaparan Covid-19.

“Kebijakan yang diberlakukan selama dua pekan ini sebagai salah satu cara untuk memutus rantai penyebaran virus corona, yang terus meningkat dalam beberapa waktu terakhir, untuk itu kurangi mobilitas perjalan ke luar daerah,” ujar Martias.  

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA