Selasa 06 Jul 2021 22:26 WIB

Demi Pertahankan Messi, Barcelona Siap Lepas Griezmann

Barcelona harus menjual pemain demi mengurangi batasan gaji yang ditetapkan La Liga.

Rep: Reja Irfa Widodo/ Red: Israr Itah
Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann
Foto: EPA-EFE/Rafael Marchante
Penyerang Barcelona, Antoine Griezmann

REPUBLIKA.CO.ID, BARCELONA -- Barcelona dikabarkan mulai membuka kemungkinan untuk melepas Antoine Griezmann pada bursa transfer musim panas ini. Kepergian Griezmann menjadi salah satu opsi buat Barcelona untuk mengatasi batasan gaji pemain yang ditetapkan La Liga sekaligus memuluskan langkah Blaugrana untuk merekrut kembali Lionel Messi. 

Barcelona dilaporkan belum bisa mendaftarkan pemain anyar ke otoritas penyelengara Liga Spanyol, La Liga, sebelum mengurangi batasan gaji pemain. Struktur gaji pemain Barcelona saat ini diketahui telah berada 40 persen lebih tinggi dari batasan gaji pemain yang telah ditetapkan La Liga. Akibatnya, sejumlah pemain anyar Barcelona, seperti Memphis Depay, Sergio Aguero, dan Eric Garcia, belum bisa didaftarkan ke La Liga.

Baca Juga

"Barcelona, yang juga masih memiliki utang lebih dari 1 miliar euro akibat pandemi Covid-19, akhirnya bersiap untuk melepas salah satu pemain dengan gaji tertinggi di skuad Barcelona saat ini. Salah satu pemain yang masuk dalam perteimbangan Barcelona adalah Antoine Griezmann," tulis laporan Sports, Selasa (6/7). 

Demi bisa mematuhi batasan gaji pemain La Liga dan bisa mempertahankan Messi, Barcelona setidaknya harus mengurangi beban di gaji pemain hingga mencapai 200 juta euro. Dengan kepergian Griezmann, Barcelona diperkirakan bisa mengurangi beban gaji pemain hingga mencapai 125 juta euro, termasuk hasil penjualannya.

Saat ini, Griezmann merupakan pemain dengan gaji tinggi di skuad Barcelona, yaitu mencapai 21 juta euro per tahun. 

Kepergian penyerang asal Prancis itu membuat Blaugrana juga memiliki ruang yang cukup besar di neraca keuangannya untuk mengakomodasi gaji Messi. Kontrak pemain berjuluk La Pulga bersama Barcelona itu memang telah tuntas pada akhir Juni silam. Barca pun dikabarkan tengah membujuk Messi untuk bisa bergabung bersama klub asal Katalunya tersebut. 

Keputusan manajemen Barcelona untuk melepas Griezmann pun dikabarkan semakin bulat setelah sikap pelatih Ronald Koeman yang cukup percaya diri. Koeman menilai kemampuan lini serang Barcelona masih tangguh meski tanpa kehadiran Griezmann pada musim depan. 

"Koeman lebih memilih kembalinya Messi ke Barcelona. Koeman jauh lebih yakin lini serang Barcelona bisa tampil meyakinkan pada musim depan apabila dihuni oleh trio Messi-Depay-Aguero," lanjut laporan Sports tersebut. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement