Monday, 30 Safar 1444 / 26 September 2022

7 Amalan di 10 Hari Pertama Dzulhijjah 

Rabu 07 Jul 2021 04:12 WIB

Rep: Rossi Handayani/ Red: Agung Sasongko

Keutamaan puasa sunnah di bulan Dzulhijjah.

Foto:
Dzulhijjah, bulan ke-12 dalam tahun Islam.

5. Qurban

Selama Dzulhijjah, kepala setiap rumah tangga Muslim harus mengorbankan seekor hewan qurban dan membagikan dagingnya kepada orang miskin dan membutuhkan serta keluarga, teman dan tetangga. Mereka juga dapat menyalurkan hewan qurban lewat masjid.

Tindakan ini memperingati kisah Nabi Ibrahim dan kesediaannya untuk tunduk pada kehendak Allah Ta'ala.  Bagi umat Islam saat ini, itu berfungsi sebagai ekspresi kesalehan.

"Siapa saja yang memiliki hewan untuk dijadikan hewan kurban, maka ketika sudah tiba bulan Dzulhijjah tidak boleh memotong apa pun dari rambut dan kukunya sampai (selesai) menyembelih" (HR. Muslim).

6. Pertobatan

Sebuah tindakan besar ibadah dalam Islam adalah untuk mencari pengampunan Tuhan. Selama hari-hari ini, setiap hamba memiliki kesempatan untuk bertobat atas dosa-dosa yang telah mereka lakukan dan berharap pada belas kasihan Allah Ta'ala. 

Katakanlah, "Wahai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri! Janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sungguh, Dialah Yang Maha Pengampun, Maha Penyayang (QS. Az-Zumar Ayat 53)

7. Perbanyak perbuatan baik

Seorang muslim dianjurkan untuk menyibukkan diri dengan ibadah lainnya seperti mengingat Allah, membaca Alquran, berdoa, bersedekah, berbakti kepada orang tua dan perbuatan baik umum lainnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA