Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Friday, 10 Safar 1443 / 17 September 2021

Putra Mahkota Saudi Masuk Daftar Pemimpin Pemberangus Media

Selasa 06 Jul 2021 20:31 WIB

Rep: Lintar Satria/ Red: Nur Aini

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman

Foto: AP Photo/Jacquelyn Martin
Daftar berisi berisi 37 kepala negara yang memberangus kebebasan media

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Organisasi pers internasional Reporters Without Borders (RSF) memasukan Putra Mahkota Arab Saudi Pangeran Mohammed bin Salman (MbS) dalam daftar pemimpin negara pemberangus media. Daftar itu terakhir diperbarui tahun 2016.

Daftar tersebut berisi 37 kepala negara yang memberangus kebebasan media, menciptakan aparatus sensor yang ketat dan menangkap jurnalis dengan sewenang-wenang atau menghasut kekerasan terhadap mereka. Enam kepala negara Timur Tengah masuk daftar tersebut

Baca Juga

Pada dasarnya negara yang pemimpinnya masuk daftar tersebut tidak aman bagi jurnalis. Hampir setengahnya pertama kali masuk daftar itu.

Sementara tujuh pemimpin lainnya seperti Presiden Suriah Bashar al-Assad dan Presiden Rusia Vladimir Putin sudah lama masuk daftar tersebut. Selain MbS kepala negara Timur Tengah yang masuk daftar ini antara lain Presiden Mesir Abdel Fattah el-Sisi, Presiden Turki Recep Tayyep Erdogan, Raja Bahrain Hamed bin Isa al-Khalifa.

"Tidak ada yang dapat mengatakan daftar ini lengkap, setiap predator ini memiliki gayanya sendiri-sendiri, beberapa memerintah rezim teror melalui perintah yang irasional dan paranoid, yang lain mengadopsi strategi konstruksif yang hati-hati berdasarkan undang-undang yang kejam," kata Sekretaris Jenderal RSF Christophe Deloire seperti dikutip Middle East Eye, Selasa (6/7).

"Tantangan terbesarnya sekarang adalah agar para predator ini membayar dengan harga paling mahal atas perilaku opresif mereka, kami tidak boleh membiarkan metode mereka menjadi kenormalan yang baru," tambahnya.  

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA