Selasa 06 Jul 2021 19:17 WIB

Stok Vaksin Covid-19 di Palangka Raya Menipis

Stok vaksin menipis membuat Puskesmas Palangka Raya hentikan vaksinasi Covid-19.

Stok vaksin menipis membuat Puskesmas Palangka Raya hentikan vaksinasi Covid-19.
Foto: EPA-EFE/MADE NAGI
Stok vaksin menipis membuat Puskesmas Palangka Raya hentikan vaksinasi Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, PALANGKA RAYA -- Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Provinsi Kalimantan Tengah, Andjar Hari Purnomo, mengatakan, persediaan vaksin COVID-19 di kota setempat mulai menipis. "Stok vaksin menipis. Saat ini ada 5.000-an tetapi ini campuran dari TNI, Polri, Kill COVID, dan Kadin. Sementara jadwal yang sudah kita bagikan ke masyarakat kita laksanakan untuk dosis dua. Setelah itu akan habis yang di bawah kendali dinkeskota," kata Andjar di Palangka Raya, Selasa (6/7).

Kondisi tersebut menyebabkan sejumlah pusat layanan kesehatan (puskesmas) yang sebelumnya melayani vaksinasi tidak dapat melaksanakan kegiatan tersebut. Dalam upaya mengatasi kekurangan vaksin tersebut pihaknya juga akan terus berkoordinasi dengan berbagai pihak termasuk pemerintah provinsi, TNI dan Polri di wilayah setempat.

Baca Juga

Pemkot Palangka Raya juga telah mengajukan penambahan kepada pemerintah pusat yang saat ini tinggal menunggu kedatangan vaksin. Meski demikian dia belum dapat memastikan jumlah vaksin yang akan diterima.

"Kita berharap vaksin tersebut segera tiba dan terdistribusi mengingat saat selain mengejar target vaksinasi kita juga mengejar pelaksanaan vaksin dosis dua," kata Andjar.

Dia menerangkan, prioritas vaksinasi dosis kedua itu menjadi prioritas karena untuk menghindari "drop out" atau keterlambatan pemberian vaksin dosis kedua kepada warga penerima vaksin dosis pertama.

"Jika ini terjadi maka vaksin tahap pertama yang kita berikan akan sia-sia. Makanya vaksin dosis dua akan kita gencarkan disamping kita juga menyelesaikan vaksin untuk para lansia," kata Andjar.

Sementara itu berdasar data Satgas COVID-19 Palangka Raya sampai Senin (5/7) dari target 202.597 warga tervaksin sebanyak 75.093 atau 37,07 warga telah mengikuti vaksin tahap pertama. Sementara warga yang telah menyelesaikan vaksinasi atau telah mendapatkan vaksin dosis kedua tercatat 34.704 atau 37,07 persen dari jumlah sasaran.

Saat ini warga di Ibu Kota Provinsi Kalimantan Tengah antusias untuk mendapatkan vaksinasi COVID-19. Namun karena keterbatasan persediaan sebagian dari warga harus bersabar menunggu kedatangan vaksin tambahan.

Nuraini, warga Kota Palangka Raya yang sempat datang ke Puskesmas harus bersabar ketika mendapati pengumuman penghentian vaksinasi karena ketiadaan vaksin. "Sebenarnya sedikit kecewa tetapi harus bagaimana lagi. Saya hanya berharap vaksin ada tambahan kembali agar kita juga segera divaksin," kata wanita pekerja swasta itu.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement