Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Thursday, 24 Jumadil Akhir 1443 / 27 January 2022

Perkara-Perkara yang Membatalkan Sholat

Rabu 07 Jul 2021 04:55 WIB

Rep: Imas Damayanti/ Red: Ani Nursalikah

Perkara-Perkara yang Membatalkan Sholat

Perkara-Perkara yang Membatalkan Sholat

Foto: Republika/Yogi Ardhi
Bicara dengan sengaja termasuk hal membatalkan sholat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sholat menjadi batal apabila salah satu dari beberapa perkara dilanggar dalam mengerjakannya. Imam Syafii merangkum sejumlah perkara yang membatalkan sholat.

Dalam kitab Fikih Manhaji, Imam Syafii menyebutkan sejumlah perkara tersebut. Pertama, bicara dengan sengaja, yakni berbicara perkataan selain ayat Alquran, dzikir, dan doa.

Baca Juga

Imam Bukhari dan Imam Muslim meriwayatkan Zaid bin Arqam berujar, “Dulu kami bicara sesama kami tentang sesuatu, hingga turunlah sebuah ayat,”.

Ayat yang dimaksud adalah Alquran Surah Al Baqarah ayat 238, Allah SWT berfirman: “Haafizhuu alasshalawati washalawati al-wustha wa qumuu lillahi qaanithina,”. Yang artinya: “Peliharalah semua sholat dan sholat wustha. Dan laksanakanlah sholat karena Allah dengan khusyuk,”. Atas turunnya ayat tersebut, kedua sahabat Nabi itu pun diperintahkan untuk diam (tak berbicara) tatkala menunaikan sholat.

Kedua, banyak gerak, yakni banyak gerak di luar gerakan sholat. Syaratnya, yaitu banyak dan sering.

Hal demikian dilarang karena tidak sesuai dengan aturan sholat. Batasan banyak di sini adalah tiga gerakan atau lebih yang sering dinilai dari kebiasaan. Jika demikian, maka sholat menjadi batal.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 
 
 
 
 
 

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA