Selasa 06 Jul 2021 16:40 WIB

Studi: Konsumsi Cokelat di Pagi Hari Bantu Bakar Lemak

Cokelat untuk bakar lemak bagus bagi perempuan lanjut usia dan menopause.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Nora Azizah
Cokelat untuk bakar lemak bagus bagi perempuan lanjut usia dan menopause.
Foto: Flickr
Cokelat untuk bakar lemak bagus bagi perempuan lanjut usia dan menopause.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Studi mengungkapkan konsumsi makanan cokelat yang mengandung susu pada waktu pagi hari dapat membantu tubuh membakar lemak dan menurunkan kadar gula darah. Hal ini bagus terutama untuk wanita yang lanjut usia atau memasuki masa menopause.

Dilansir dari hindustantimes.com pada Selasa (6/7), untuk mengetahui tentang efek makan cokelat susu pada waktu yang berbeda dalam sehari, peneliti dari Brigham bekerja sama dengan peneliti di Universitas of Murcia di Spanyol. Studi ini diterbitkan dalam The FASEB Jurnal. 

Baca Juga

Bersama-sama, mereka melakukan uji coba silang secara acak, terkontrol, terhadap 19 wanita pascamenopause yang mengonsumsi 100 gram cokelat di pagi hari (dalam satu jam setelah bangun tidur) atau di malam hari (dalam satu jam sebelum tidur).  Mereka membandingkan penambahan berat badan dan banyak tindakan lainnya dengan tidak ada asupan cokelat.

"Temuan kami menyoroti bahwa tidak hanya 'apa' tetapi juga 'kapan' kami makan dapat memengaruhi mekanisme fisiologis yang terlibat dalam pengaturan berat badan. Relawan kami tidak menambah berat badan meskipun asupan kalori meningkat. Hasil kami menunjukkan kalau cokelat mengurangi asupan energi ad libitum, konsisten dengan pengurangan rasa lapar dan nafsu makan," kata Peneliti Studi Coklat, Garaulet.

 

Lebih lanjut ia menjelaskan,  asupan cokelat yang tinggi di pagi hari dapat membantu membakar lemak dan menurunkan kadar glukosa darah. Lalu, dapat mengubah metabolisme istirahat dan olahraga pagi berikutnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement