Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Friday, 17 Syawwal 1445 / 26 April 2024

Bea Cukai Buka Rumah Solusi Bantu UMKM Tingkatkan Ekspor

Selasa 06 Jul 2021 16:01 WIB

Red: Ichsan Emrald Alamsyah

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution dalam sambutannya, menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan oleh Bea Cukai Jawa Barat untuk meningkatkan kegiatan ekspor, salah satunya melalui Rumah Solusi Ekspor Impor.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution dalam sambutannya, menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan oleh Bea Cukai Jawa Barat untuk meningkatkan kegiatan ekspor, salah satunya melalui Rumah Solusi Ekspor Impor.

Foto: Bea Cukai
Bea cukai Jabar dan Merauke gandeng Pemda untuk tingkatkan ekspor UMKM

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bea Cukai di Jawa Barat dan Merauke bersinergi dengan instansi pemerintah di masing-masing daerah sebagai upaya meningkatkan kegiatan ekspor komoditi daerah.

Kantor Wilayah Bea Cukai Jawa Barat menerima kunjungan kerja dari Asisten Deputi Fasilitasi Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka menggali informasi terkait klinik ekspor di wilayah Bea Cukai Jawa Barat dan meminta masukan terkait pembentukan Dewan Penunjang Ekspor (DPE) guna membantu pelaku usaha Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam meningkatkan ekspor dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh UMKM.

Kepala Kanwil Bea Cukai Jawa Barat, Saipullah Nasution dalam sambutannya, menjelaskan upaya-upaya yang dilakukan oleh Bea Cukai Jawa Barat untuk meningkatkan kegiatan ekspor, salah satunya melalui Rumah Solusi Ekspor Impor. “Rumah Solusi merupakan program terobosan one stop solution dalam menjawab permasalahan yang dialami IKM/UMKM,” jelas Saipullah.

Asisten Deputi Fasilitasi Perdagangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI, Tatang Yuliono, menyambut baik program Rumah Solusi yang telah berjalan di Bea Cukai Jawa Barat. "Program rumah solusi merupakan turunan nawacita. Hal ini sejalan dengan program kami dalam menghidupkan dewan penunjang ekspor sebagai upaya mendorong UMKM agar lebih mampu melakukan ekspor dan memperbaiki kualitas produksinya sehingga memiliki daya saing di pasar global," ujarnya.

Saipullah berharap dengan dilaksanakannya kegiatan ini akan tercipta sinergi yang lebih kuat serta tujuan untuk meningkatkan ekspor melalui penguatan kinerja dan kapasitas dari UMKM bisa tercapai, sehingga akan dapat bersaing di pasar global.

Sementara itu, bertempat di Kantor Satuan Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (Satwas SDKP) Merauke, Bea Cukai Merauke melakukan kunjungan dengan maksud untuk meningkatkan sinergi antar instansi.

Kepala Kantor Bea Cukai Merauke, Nazwar menyampaikan bahwa luasnya wilayah pengawasan dibutuhkan adanya sinergi bersama instansi terkait. "Juga mengenai upaya peningkatan pengolahan hasil kelautan di Bumi Anim Ha Merauke ini, tujuannya agar masyarakat dapat melakukan ekspor langsung dari Kabupaten Merauke," kata Nazwar.

Dengan adanya kunjungan ini, diharapkan sinergi antara Bea Cukai Merauke dengan Satwas SDKP Merauke dapat terjalin dengan baik. "Selain itu, dengan tantangan wilayah pengawasan yang luas, tentunya harus dihadapi secara bersama sehingga sinergi sangat tentunya sangat diperlukan," pungkas Nazwar.

  • Komentar 0

Dapatkan Update Berita Republika

BERITA LAINNYA

 
 
 
 
Terpopuler