Selasa 06 Jul 2021 15:48 WIB

Sejumlah Prodi Punya Prospek Raih Pekerjaan Menjanjikan

Penting memahami permasalahan dan kebutuhan yang akan muncul.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UII Yogyakarta.
Foto: Wahyu Suryana.
Kampus UII Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Semua orang ingin meraih masa depan yang cemerlang. Masa depan cemerlang itu tentu saja harus didukung dengan pekerjaan yang relevan.

Kepala Divisi Pengembangan Media dan Riset, Direktorat Pemasaran, Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta, Nadia Wasta Utami mengatakan, berdasarkan survei Bank Dunia dan Kementerian PPN/Bappenas, ada empat kategori pekerjaan yang bisa dipilih.

Pertama pekerjaan cerah, artinya ketersediaan tenaga kerja yang rendah, namun memiliki tingkat kebutuhan yang tinggi dari perusahaan ternama. Kedua pekerjaan stabil, artinya permintaan dan penawaran kerja yang seimbang dan relatif stabil.

Ketiga pekerjaan redup, artinya pekerjaan yang permintaannya relatif turun tiap tahunnya. Terakhir, ia menuturkan, pekerjaan ditandai yang artinya pekerjaan-pekerjaan yang bersifat musiman dan tidak memiliki data-data yang konsisten.

"Dari empat kategori pekerjaan tersebut, tentu saja kategori satu dan dua merupakan prospek pekerjaan yang menjanjikan di masa depan. Salah satu cara mendapatkannya dengan mendaftar di program studi yang mendukung," kata Nadia, Selasa (6/7).

Ia turut menerangkan daftar pekerjaan yang termasuk dalam kategori pekerjaan cerah dan stabil, serta rekomendasi prodi yang dapat dipilih di UII. Pertama pekerjaan cerah dengan syarat pendidikan tinggi di perusahaan bernilai tambah tinggi.

Ada Analisis Keuangan dengan prodi terkait Diploma Akuntansi. Ahli Teknik Sipil dengan prodi terkait Teknik Sipil yang tersedia pula program internasional di UII. Manajer Jasa Keuangan dan Asuransi dengan prodi Diploma Perbankan dan Keuangan.

Kemudian, pekerjaan stabil. Ada Penerjemah, Ahli Bahasa, dan Profesional Bahasa lain dengan prodi terkait Pendidikan Bahasa Inggris. Ahli Ekonomi dengan prodi terkait Ekonomi Pembangunan. Perancang Produk dan Pakaian dengan Prodi Rekayasa Tekstil.

Ahli Kimia dengan prodi terkait Kimia, Analisis Kimia, dan Pendidikan Kimia. Serta, Analisis Manajemen dan Organisasi dengan prodi terkait Diploma Manajemen. Ini bisa menjadi referensi bagi yang sedang memilih jurusan kuliah atau ingin spesialisasi tertentu.

"Penting memahami permasalahan dan kebutuhan yang akan muncul. Sebab, faktanya pekerjaan dan produk apapun lahir dari masalah-masalah dan kebutuhan-kebutuhan," ujar Nadia.

Terkait penerimaan mahasiswa baru di UII sendiri, Nadia menambahkan, dapat mengakses situs web pmb.uii.ac.id. Ia menekankan, untuk yang ingin mendaftar bisa segera mendaftar karena pendaftaran mahasiswa baru hanya dibuka sampai Juli 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement