Selasa 06 Jul 2021 15:47 WIB

Film-Film dengan Adegan Ledakan Ikonik

Tak ada adegan ledakan lebih epik dibandingkan di film Mad Max: Fury Road.

Rep: Farah Noersativa/ Red: Qommarria Rostanti
Adegan ledakan dalam film Mad Max: Fury Road dinilai sebagai salah satu yang ikonik.
Foto: Village Roadshow Pictures
Adegan ledakan dalam film Mad Max: Fury Road dinilai sebagai salah satu yang ikonik.

REPUBLIKA.CO.ID, LOS ANGELES -- Salah satu aspek yang membuat film terlihat mahal adalah keberanian para pembuat film menyajikan adegan ledakan besar yang mengesankan kehancuran yang besar pula. Untuk melakukannya, tim produksi membutuhkan bajet fantastis.

Jika dilakukan dengan benar, ledakan raksasa dalam sebuah film benar-benar dapat meningkatkan faktor kenikmatan dari setiap aksi. Meskipun para penonton tak mengetahui pasti, apakah ledakan itu merupakan rekayasa CGI atau ledakan nyata yang dilakukan oleh para ahli menggunakan efek praktis. 

Terlepas dari itu, kenikmatan menonton film aksi dengan sebuah ledakan memberikan efek menegangkan bagi penonton. Berikut beberapa film yang menimbulkan efek menegangkan dari sebuah adegan ledakan, yang bisa Anda saksikan, seperti direkomendasi dari laman Screen Rant, Selasa (6/7). 

1. Mad Max: Fury Road (2015): ledakan tangki

photo
Adegan dalam film Mad Max: Fury Road. - (Village Roadshow Pictures)

 

Tidak ada adegan di film mana pun dengan ledakan yang lebih epik dibandingkan yang ada di film Mad Max: Fury Road.  Ini adalah ledakan kapal tanker dan terjadi selama adegan pengejaran raksasa melalui padang pasir.

Ada momen spektakuler yang kontras dengan ukuran ledakan ketika aktor Tom Hardy melayang di depannya dengan sebuah tiang. Dilakukan sepenuhnya melalui efek praktis, sutradara George Miller meledakkan seluruh kapal tanker. Sang Aktor utama ditambahkan ke tembakan setelah terjadi ledakan.

2. Bad Boys (1995): ledakan hanggar

photo
Adegan dalam film Bad Boys (1995). - (Sony Pictures Releasing)

 

Sebelum Michael Bay dikenal karena ledakannya, dia menyempurnakannya di salah satu film sebelumnya, Bad Boys. Penonton film belum bosan dengan ledakan Teluk, dan, ketika baku tembak terjadi di gantungan bandara, tidak ada yang bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi selanjutnya.

Ada banyak petunjuk bahwa itu akan datang, dengan wadah yang mudah terbakar di mana-mana. Namun, saat Bay meledakkan gantungannya, Bad Boys tidak seperti yang pernah dilihat penonton, menghadirkan salah satu momen aksi paling intens dari trilogi Bad Boys.

3. Independence Day (1996): Gedung Putih dihancurkan

photo
Adegan ledakan dalam film Independence Day. - (20th Century Fox)

 

Film asli Independence Day mungkin sedikit konyol, tetapi film ini dengan mudah menjadi salah satu film invasi alien terbesar sepanjang masa. Di dalamnya, para alien mengancam orang-orang di bumi dengan serangan, memberi mereka waktu yang lama.

Ketika waktu terus berjalan, mereka menyerang, meledakkan gedung-gedung di seluruh dunia. Ini termasuk momen terkenal di mana mereka meledakkan Gedung Putih, dan itu meledak pada malam hari.  Ledakan besar sejauh ini merupakan adegan paling ikonik dalam film.

4. The Long Kiss Goodnight (1996): bom jembatan

photo
Adegan ledakan dalam film The Long Kiss Goodnight. - (New Line Cinema)

 

Mungkin ada titik di mana ledakan menjadi terlalu banyak, dan film Renny Harlin yang dirilis pada 1996, The Long Kiss Goodnight, menciptakan salah satu ledakan paling ekstrem yang pernah dilakukan untuk film. Ledakan terjadi di Jembatan Internasional Air Terjun Niagara yang mengarah ke Kanada.

5. V Vor Vendetta (2006): ledakan parlemen 

photo
Adegan ledakan dalam film V for Vendetta. - (Warner Bros)

 

Satu-satunya cara untuk membuat ledakan epik menjadi lebih baik adalah melalui penggunaan musik. Dalam film sejarah alternatif V for Vendetta, sutradara James McTeigue melakukan hal itu.

Revolusioner, yang dikenal sebagai V, berencana untuk menjatuhkan kekuasaan fasis di Inggris. Dia melakukan ini pada Malam Guy Fawkes ketika muridnya Evey meledakkan gedung Parlemen. Pada akhirnya, seluruh Parlemen meledak. Menara Big Ben pun meledak, sementara lagu "Overture 1812" mempermainkan ledakan tersebut.

Masih ada sejumlah film yang memiliki adegan ledakan ikonik dan tak terlupakan. Di antaranya Die Hard 2 (1990) yang menampilkan ledakan pesawat, Speed (1994) di mana ledakan bus terjadi, dan The Dark Knight (2008) yang menampilkan adegan ledakan bom rumah sakit yang sempat tertunda setelah Joker menekan tombol pemicu bom. Ada lagi Transformers: Revenge of the Fallen (1996) yang meluluhlantakkan Mesir, dan Fight Club (1999) yang menampilkan ledakan akhir dunia.

 

 

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement