Selasa 06 Jul 2021 15:00 WIB

Roger Federer Torehkan Rekor Kemenangan di Wimbledon

Federer menyamai catatan milik Nadal yang juga mengantongi catatan 105 kemenangan.

Rep: Muhammad Ikhwanuddin/ Red: Endro Yuwanto
Roger Federer.
Foto: AP/Kirsty Wigglesworth
Roger Federer.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Roger Federer membukukan rekor 105 kemenangan di Wimbledon saat mengalahkan petenis asal Australia, Ken Rosewall, dengan 7-5, 6-4, 6-2. Ia sekaligus memantapkan diri menuju perempat final.

Federer kini menyamai catatan milik Rafael Nadal yang juga mengantongi catatan 105 kemenangan di Grand Slam lainnya di Roland Garros. Tetapi, petenis asal Swiss tersebut saat ini berstatus sebagai peserta tertua dengan usia 39 tahun 224 hari di Wimbledon.

Dalam laporan Marca, Selasa (6/7), Federer harus susah payah merebut kemenangan karena lapangan rumput yang licin meski atap arena sudah ditutup. Ia berhasil bertahan tetap berdiri selama 20 menit sebelum akhirnya sempat terjatuh.

Salah satu turnamen tenis paling bergengsi di dunia itu baru berjalan beberapa hari. Namun, lapangan rumput di Centre Court, London, Inggris, yang menjadi arena turnamen menjadi sorotan karena banyak peserta yang terpeleset akibat permukaan yang licin.

Hujan dikabarkan selalu turun di penjuru ibu kota Inggris selama beberapa hari terakhir. Meski arena Centre Court dilengkapi fasilitas atap yang bisa terbuka dan tertutup, hal tersebut ternyata tetap membuat rumput menjadi basah dan memengaruhi jalannya pertandingan.

Salah satu yang menjadi korban adalah petenis kawakan asal Amerika Serikat, Serena Williams yang harus rela angkat koper lebih awal dan mengakhiri petualangannya di Wimbledon tahun ini. Pasalnya, wanita berusia 39 tahun itu mengalami cedera setelah tergelincir di tengah pertandingan.

Federer akan menghadapi lawan yang berat dengan bertemu pemenang dari laga antara Daniil Medvedev melawan Hubert Hurkacz yang ditunda satu hari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement