Selasa 06 Jul 2021 13:11 WIB

Vs Spanyol, Zambrotta Minta Italia Ulangi Performa Vs Belgia

Zambrotta menyukai determinasi yang ditunjukkan para yuniornya.

Rep: Frederikus Bata/ Red: Endro Yuwanto
Gianluca Zambrotta.
Foto: EPA/Tatyana Zenkovich
Gianluca Zambrotta.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON -- Mantan penggawa Italia, Gianluca Zambrotta, bereaksi jelang duel berkelas di depan mata. Timnya akan berhadapan dengan Spanyol pada semifinal Piala Eropa (Euro) 2020.

Bigmatch tersebut berlangsung di Inggris. Tepatnya di Stadion Wembley, London, Rabu (7/7) dini hari WIB.

Zambrotta menyukai determinasi yang ditunjukkan para yuniornya saat menumbangkan Belgia di babak delapan besar. Para gladiator Negeri Piza membuat sosok kelas dunia seperti Kevin de Bruyne dan Romelu Lukaku tak bisa berbuat banyak.

"Itu penampilan luar biasa, yang meloloskan Azzurri ke semifinal," kata eks bek sayap Juventus, Barcelona, dan AC Milan itu, dikutip dari UEFA, Selasa (6/7).

Jelas, Zambrotta ingin skuad polesan Roberto Mancini, mengulangi performa serupa. Sebuah tim dengan semangat pantang menyerah.

Ada keseimbangan antara menyerang dan bertahan. Terbukti hingga ka fase ini, Italia telah meraih 100 persen kemenangan, mencetak 11 gol, dan cuma dua kali kebobolan.

Zambrotta memuji duet palang pintu, Giorgio Chiellini dan Leonardo Bonucci. Keduanya sama-sama bermain di Juve.

Kondisi tersebut, semakin mempermudah keduanya saat membela timnas. Secara khusus, juara Piala Dunia 2006 ini menyinggung kelebihan Chiellini yang memiliki segudang pengalaman.

"Dia dan Bonucci, juga Gianluigi Donnarumma, bermain sangat baik. (Keadaan demikian), membawa ketenangan ke seluruh tim," ujar Zambrotta.

Sayangnya, Mancini tak bisa menurunkan kekuatan terbaik di Wembley. Bek kiri Leonardo Spinazzola mengalami cedera parah.

Kehilangan Spinazzola, bakal sangat terasa. Pasalnya jugador AS Roma itu, selalu tampil baik, saat mentas di lapangan.

Sepanjang turnamen ini bergulir, Spinazzola dua kali terpilih sebagai man of the match. Posisinya bakal digantikan oleh Emerson Palmieri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement